STRATEGI PEMBUATAN KONTEN BERITA DI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MEDIA ONLINE IDN TIMES)

TISKI, ISYANAYA (2022) STRATEGI PEMBUATAN KONTEN BERITA DI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MEDIA ONLINE IDN TIMES). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 pengguna media sosial TikTok meningkat. Media sosial TikTok bukan hanya sebagai media hiburan tetapi juga digunakan sebagai media informasi. Beberapa perusahaan media online menggunakan aplikasi TikTok untuk menyebarkan berita salah satunya adalah perusahaan media online IDN Times. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dalam pembuatan konten berita yang dilakukan oleh IDN Times pada akun media sosial TikTok pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep teori komunikasi massa dan teori strategi & perencanaan komunikasi Middleton (1980) yang dianalisis dengan pendekatan manajemen POAC, yaitu : Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), dan Controlling (pengawasan/evaluasi). Hasil penelitian ini yaitu strategi perencanaan program dengan OKR (Objectives and Key & Result), content plan, strategi pengorganisasian jobdesk, strategi pra produksi, strategi produksi, strategi paska produksi, hingga strategi pengawasan dan evaluasi. Kata Kunci: Strategi, Konten berita, TikTok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:18
Last Modified: 29 Mar 2022 06:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34652

Actions (login required)

View Item View Item