Tanggung Jawab Kejahatan Insider Trading yang Dilakukan Terhadap Perdagangan Saham di Pasar Modal (Contoh Kasus Jouska Indonesia)

Wongkar, Anthony Willyus (2022) Tanggung Jawab Kejahatan Insider Trading yang Dilakukan Terhadap Perdagangan Saham di Pasar Modal (Contoh Kasus Jouska Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Anthony Willyus Wongkar_205180007 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover-Abstrak_Anthony Willyus Wongkar_205180007 SKRIPSI 2022.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Lampiran_Anthony Willyus Wongkar_205180007 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Insider trading merupakan suatu kejahatan di pasar modal yang merugikan eksistensi pasar modal itu sendiri dibuktikan dengan praktik insider trading ini yang secara tegas dilarang oleh Indonesia melalui Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Dalam sejarah insider trading di Indonesia, belum ada satu pun kasus insider trading yang diadili secara litigasi sekalipun perbuatan tersebut telah diatur dalam UUPM. Hal ini yang menjadi perhatian Penulis, karena tentu dengan kurangnya penegakan hukum atas praktik insider trading ini, pelaku dan calon pelaku di masa mendatang tidak akan jera dan akan terus melakukannya guna mendapatkan keuntungan. Pada kasus Jouska Finansial Indonesia, terdapat dugaan dilakukannya praktik insider trading yang merugikan banyak orang dengan kerugian mencapai lebih dari 40 miliar rupiah. Atas kerugian tersebut diharapkan dapat ditarik satu pihak yang wajib bertanggung jawab atas kerugian yang dialami para korban. Mengacu pada permasalahan tersebut, Penulis menggunakan metode yuridis normatif. Penulis pada skripsi ini hendak menemukan bagaimana pengaturan insider trading yang diatur berdasarkan hukum di Indonesia dan untuk mengetahui apakah sebenarnya aturan tersebut perlu diperbaharui atau tidak guna mencegah serta melindungi hak-hak investor dari praktik insider trading ini. Selanjutnya secara lebih mendalam membahas mengenai bagaimana tanggung jawab yang tepat bagi pelaku insider trading dalam kasus Jouska dan berdasarkan analisis, terdapat dugaan-dugaan perbuatan yang dilakukan pihak Jouska yang memenuhi unsur-unsur dilakukannya insider trading. Oleh karena itu, Penulis berharap penegakan hukum terhadap praktik insider trading bisa disempurnakan lagi baik dari sisi kualitas penegak hukum beserta peraturan perundang-undangannya. Karena sekalipun terdapat aturan yang jelas, tanpa penegak hukum yang kompeten dan bersih, keadilan tidak tercipta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Assoc. Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Hukum, Kejahatan Pasar Modal, Insider Trading
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:27
Last Modified: 29 Mar 2022 06:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34656

Actions (login required)

View Item View Item