PENGARUH PESAN PERSUASIF INFLUENCER PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei Pada Generasi Z Di Jakarta)

AGATHA, OCTAVANIA EUODIA (2022) PENGARUH PESAN PERSUASIF INFLUENCER PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei Pada Generasi Z Di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media komunikasi yang saat ini menjadi tren dikalangan masyarakat adalah aplikasi TikTok. Saat ini dikenal juga istilah yang diberikan kepada seseorang yang dianggap mampu mempengaruhi pikiran dan juga tindakan orang lain yang ada disekitarnya yaitu influencer. Seorang influencer biasanya memiliki pengikut di media sosial dalam jumlah yang cukup banyak dan pada umumnya mampu mempengaruhi pikiran dan tindakan pengikutnya untuk mengikuti influencer tersebut. Bukan hanya sebagai media hiburan, aplikasi TikTok saat ini juga berkembang menjadi media untuk berdagang atau memasarkan sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pesan persuasif yang disampaikan oleh seorang influencer terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan metode survei untuk mengumpulkan data dengan cara menyebar kuesioner kepada generasi Z yang berdomisili di DKI Jakarta sebagai kota yang memiliki tingkat jumlah pembelian barang melalui internet tertinggi nomor satu di Indonesia. Partisipan dalam penelitian ini adalah 113 generasi Z bertempat tinggal di Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pesan persuasif influencer terhadap minat beli konsumen sebesar 22,7%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci: Pesan Persuasif, Minat Beli Konsumen, Influencer, TikTok, Generasi Z

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:25
Last Modified: 29 Mar 2022 06:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34658

Actions (login required)

View Item View Item