KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK MAKANAN SELAMA PEMBATASAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA ONBBIT TOAST SELAMA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT/PPKM)

Prasetyo, Wiliams (2022) KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK MAKANAN SELAMA PEMBATASAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA ONBBIT TOAST SELAMA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT/PPKM). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan sosial di Indonesia membawa resiko buruk bagi perekonomian pada berbagai sektor usaha. Kondisi ini mengubah metode komunikasi pemasaran sektor usaha untuk beradaptasi dengan keadaan. Dalam teori komunikasi pemasaran terdapat berbagai bentuk kegiatan komunikasi pemasaran, seperti iklan, promosi, acara dan pengalaman, humas dan publisitas, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut, dan penjualan personal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan komunikasi pemasaran produk makanan secara tatap muka dan daring untuk beradaptasi pada masa pembatasan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus dilakukan pada Onbbit Toast, salah satu restoran di Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara pemilik usaha serta karyawan, observasi secara langsung dan partisipan, dokumentasi, dan penelusuran data online. Penelitian ini menunjukkan pembatasan sosial mengakibatkan terbatasnya kegiatan komunikasi pemasaran secara tatap muka sehingga penggunaan media sosial menjadi cara yang efektif untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran secara daring. Perusahaan produk makanan melakukan kegiatan komunikasi pemasaran secara daring seperti mengiklankan produk, mengunggah konten media sosial. Perusahaan produk makanan juga mengoptimalkan kegiatan secara tatap muka dengan promosi pemberian free gift produk, dan kegiatan personal selling. Kata Kunci: komunikasi pemasaran, komunikasi tatap muka dan daring, pembatasan sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:29
Last Modified: 29 Mar 2022 06:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34660

Actions (login required)

View Item View Item