PERSEPSI ANAK MUDA KRISTEN TERHADAP IBADAH MINGGU MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE LIVE STREAMING DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Jemaat Muda Gereja Bethel Indonesia Tanjung Duren, Jakarta Barat)

Herman, Wynne Margaretha (2022) PERSEPSI ANAK MUDA KRISTEN TERHADAP IBADAH MINGGU MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE LIVE STREAMING DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Jemaat Muda Gereja Bethel Indonesia Tanjung Duren, Jakarta Barat). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ibadah secara daring mulai diberlakukan semenjak dikeluarkannya kebijakan untuk mengurangi berbagai aktivitas dari luar rumah. Ibadah daring kemudian membentuk persepsi yang berbeda bagi setiap jemaat, khususnya anak muda Kristen. Persepsi dapat diartikan sebagai suatu proses pemberian arti atau proses kognitif dari seseorang yang dipergunakan untuk menafsirkan dan memahami dunia sekitarnya. Penelitian ini mengangkat persoalan mengenai persepsi jemaat muda Kristen terhadap ibadah daring yang dilakukan melalui media sosial YouTube live streaming selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus penelitian ini dilaksanakan di Gereja Bethel Indonesia (GBI), Tanjung Duren, Jakarta Barat. Adapun subyek dari penelitian ini adalah jemaat muda GBI Tanjung Duren, Jakarta Barat, dan objek dari penelitian adalah persepsi anak muda mengenai ibadah daring melalui YouTube live streaming selama pandemi Covid- 19. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi jemaat muda Kristen selama menjalani ibadah daring saat pandemi Covid-19 adalah bahwa ibadah daring sudah berjalan dengan baik, terlebih ibadah daring memiliki kelebihan dari segi fleksibilitas sehingga dapat dikatakan sudah sesuai dengan ibadah yang diharapkan oleh jemaat. Kendati demikian, jemaat khususnya anak muda berharap agar ibadah yang dilakukan secara daring mengalami improvisasi terutama dari segi interaksi. Kata Kunci: Persepsi, Ibadah Online, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:30
Last Modified: 29 Mar 2022 06:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34661

Actions (login required)

View Item View Item