Perlindungan Hukum Terhadap Publikasi Data Pribadi Pada Situs Mahkamah Agung Dalam Perkara Tindak Pidana Kesusilaan Dan Perceraian

Iqbal, Muhammad (2021) Perlindungan Hukum Terhadap Publikasi Data Pribadi Pada Situs Mahkamah Agung Dalam Perkara Tindak Pidana Kesusilaan Dan Perceraian. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Muhammad Iqbal_205160147_SKRIPSI 2021.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I-V_Muhammad Iqbal_205160147_SKRIPSI 2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Muhammad Iqbal_205160147_SKRIPSI 2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Konstitusi menjamin hak setiap orang memperoleh informasi publik termasuk informasi data putusan pengadilan karena berdasarkan UU KIP putusan badan peradilan tidak termasuk yang dikecualikan yang berarti dapat diberikan kepada pemohon atau dapat diakses oleh publik melalui situs Mahkamah Agung. Melalui KMA Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 telah mengatur penyamaran publikasi data pribadi pihak yang bserengketa dalam perkara kesusilaan dan perceraian, akan tetapi dalam prakteknya banyak ditemukan putusan pengadilan yang identitasnya tidak disamarkan sehingga timbul permasalahan hukum Bagaimana perlindungan hukum terhadap perkara korban tindak asusila dan perceraian yang namanya dipublikasi dalam Situs Mahkamah Agung? dan Bagaimana upaya hukum yang harus dilakukan bagi pihak-pihak yang identitasnya sudah terlanjur dipublikasi dalam Perkara Nomor: 09/Pid.B/2018/PN.Nga dan Perkara Nomor: 0770/Pdt.G/2016/PA.JP? Metode penelitian yang digunakan yuridis normatis dengan pendekatan kasus dan perundang-undangan. Hasil analisis bahwa KMA Nomor 1-144/KMA/SK/ I/2011 dalam tataran praktek belum memberikan perlindungan hukum karena dalam putusan tingkat pertama masih banyak ditemukan identitas pribadi yang belum disamarkan. Belum ada mekanisme upaya hukum untuk meminta pertanggungjawaban terhadap pihak-pihak yang mempublikasikan data pribadi pada putusan pengadilan pada perkara tindak pidana kesusilaan dan perceraian. Disarankan pengadilan memperhatikan pedoman sebelum mempublikasikan putusan pada situs Mahkamah Agung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Bapak Dr. H. Rasji, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, publikasi data pribadi, situs Mahkamah Agung, kesusilaan dan perceraian
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:58
Last Modified: 31 Mar 2022 01:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34664

Actions (login required)

View Item View Item