Perlindungan Hukum Terhadap Perkawinan Anak Di Bawah Umur Menurut Undang-Undang Perlindungan Anak (Studi Penetapan Pengadilan Agama Nomor 23/Pdt.P/2020/Pa.Spt dan Penetapan Nomor 0391/Pdt.P/2016/Pa.Cbn)

Firmansyah, Febrian Rizky (2021) Perlindungan Hukum Terhadap Perkawinan Anak Di Bawah Umur Menurut Undang-Undang Perlindungan Anak (Studi Penetapan Pengadilan Agama Nomor 23/Pdt.P/2020/Pa.Spt dan Penetapan Nomor 0391/Pdt.P/2016/Pa.Cbn). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Febrian rizky firmansyah_205160258_SKRIPSI 2021.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB I-V_Daftar Pustaka_Febrian rizky firmansyah_205160258_SKRIPSI 2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text
Lampiran_Febrian rizky firmansyah_205160258_SKRIPSI 2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peraturan perundang-undangan merupakan salah satu instrumen hukum untuk melindungi masyarakat. Dispensasi nikah merupakan ranah UU Perkawinan yang secara lex specialis mengatur pemberian hak bagi seseorang untuk menikah meski belum mencapai batas usia yang disyaratkan. Sementara UUPA sebagai lex generalis telah melarang terjadinya pernikahan anak di bawah umur. Pernikahan anak dibawah umur banyak terjadi atas penetapan pengadilan, sehingga timbul permasalahan bagaimana pertimbangan hakim terhadap perkawinan anak di bawah umur dalam penetapan Nomor 23/PDT.P/2020/PA.SPT dan Nomor 0391/Pdt.P/2016/Pa.Cbn?, dan bagaimana pemberian dispensasi perkawinan dikaitkan menurut ketentuan Undang-Undang Perlindungan Anak? Metode penelitian yang digunakan yaitu yuridis normatif dengan pendekatan kasus dan perundang-undangan. Bedasarkan hasil analisis bahwa pertimbangan hakim terhadap perkawinan anak di bawah umur pada kedua perkara penetapan dispensasi nikah lebih mengedapankan sifat preventif atau pencegahan. Melalui pertimbangan hukum preventif tersebut akan memberikan kemaslahatan (manfaat) dan menghindari kemadharatan dari hal-hal yang tidak diinginkan dan dilarang oleh agama. Pemberian dispensasi nikah melalui penetapan Pengadilan Agama terhadap anak di bawah umur bukan merupakan suatu bentuk perlindungan terhadap anak, melainkan memberi celah kepada setiap anak yang belum dewasa untuk dapat melaksanakan perkawinan. Berdasarkan kaedah hukum ketentuan yang umum mengenyampingkan ketentuan khusus sehingga dengan dispensasi nikah yang diatur dalam UU Perkawinan akan mengesampingkan UUPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hanafi Tanawijaya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, Perkawinan anak di bawah umur, penetapan dispensasi nikah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:10
Last Modified: 31 Mar 2022 02:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34665

Actions (login required)

View Item View Item