KAMPANYE AKUN INSTAGRAM @NONAWOMAN DALAM MEMATAHKAN STIGMA SEPUTAR MENSTRUASI DI KALANGAN MASYARAKAT

YOUNG, CINDY (2022) KAMPANYE AKUN INSTAGRAM @NONAWOMAN DALAM MEMATAHKAN STIGMA SEPUTAR MENSTRUASI DI KALANGAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketidaksetaraan gender antara laki-laki dan perempuan sudah terjadi sejak zaman dahulu. Perempuan tidak jarang dianggap sebagai kelompok bungkam dan dipandang sebagai sosok yang lemah. Berbagai stigma tentang perempuan pun bermunculan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya yakni stigma seputar menstruasi. Banyak pandangan dalam masyarakat yang menganggap menstruasi sebagai sesuatu yang tabu dan harus ditutupi. Pandangan terkait menstruasi tersebut pun terjadi di Indonesia. Hal ini disebabkan karena keterbatasan edukasi dan komunikasi. Berbagai gerakan kampanye feminisme pun hadir sebagai upaya agar perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Pada penelitian penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengetahui gerakan kampanye yang dilakukan oleh akun Instagram @Nonawoman dalam mematahkan stigma seputar menstruasi di kalangan masyarakat. Subjek yang dipilih sebagai key informan dalam penelitian ini adalah co-founder of Nonawoman. vi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, pelaksanaan dan umpan balik dari kampanye yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, kampanye ini mendapat umpan balik yang positif dari masyarakat khususnya perempuan. Kata Kunci : Kampanye, Feminisme, Teori Kelompok Bungkam, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:53
Last Modified: 31 Mar 2022 03:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34668

Actions (login required)

View Item View Item