PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA EDUKASI BAHASA ISYARAT INDONESIA (STUDI KASUS PADA AKUN TIKTOK @NURHILDAHAMID29)

NATALIA, DINDA (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA EDUKASI BAHASA ISYARAT INDONESIA (STUDI KASUS PADA AKUN TIKTOK @NURHILDAHAMID29). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak:Penelitian ini memiliki tujuan Mengetahui pemanfaatan media sosial TikTok sebagai sarana edukasi Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO), terutama pada akun TikTok @Nurhildahamid29. Bahasa Isyarat merupakan bahasa yang digunakan secara visualisasi untuk berkomunikasi baik secara gerakan bibir maupun gerakan tangan. Media sosial merupakan alat/ perantara yang digunakan seseorang atau sekelompok (pihak 1) secara daring untuk berkomunikasi atau interaksi, berpartisipasi, berbagi dan lainnya kepada pihak 2 Maka media sosial dapat digunakan dalam berbagai hal seperti hiburan, bisnis, trend, personal branding, hingga edukasi seperti yang dilakukan pada pemilik akun TikTok @Nurhildahamid29. Media sosial yang digunakan adalah TikTok yang didirikan oleh Toutiao dan diluncurkan oleh Zhang Yiming pada September 2016. TikTok sangat cocok bagi masyarakat terutama pada anak anak generasi muda yang berkisaran usia 14 (empat belas) tahun hingga 24 (dua puluh empat) tahun. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu teori Ilmu Komunikasi, Internet dan media sosial, computer mediated communication CMC, dan teori komunikasi persuasif. Penelitian ini pun menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, serta pengumpulan data secara deskriptif yaitu dilakukan melalui wawancara mendalam pada salah satu Teman Tuli (konten kreator) TikTok @Nurhildahamid29, dan beberapa Teman Dengar sebagai follower serta dokumentasi konten video yang telah di unggah oleh Teman Tuli tersebut yang dipanggil sebagai Hilda untuk mengajarkan masyarakat (Teman Dengar) mengenai BISINDO. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dari kekurangan konten kreator lainnya yang dilihat oleh Hilda yang memberikan dorongan, keingnan sebagai Teman Tuli untuk menyempurnakannya melalui kontennya. Hilda menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone yang dimiliki sebagai alat perekaman, pengeditan serta pengunggahan konten edukasi BISINDO. Salah satu tujuan Hilda yang terwujud. Kata Kunci:media sosial,BISINDO,Teman Tuli,TikTok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:58
Last Modified: 31 Mar 2022 03:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34669

Actions (login required)

View Item View Item