UPAYA PUBLIC RELATIONS PUSBISINDO DALAM MENGAMPANYEKAN PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT INDONESIA DI KALANGAN MASYARAKAT

MANDASARI, RIKA (2022) UPAYA PUBLIC RELATIONS PUSBISINDO DALAM MENGAMPANYEKAN PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT INDONESIA DI KALANGAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi masyarakat dengar dengan teman Tuli seringkali masih terhambat karena keterbatasan pengetahuan mengenai Bisindo. Selain itu, stigma yang ada di masyarakat masih menjadi hambatan teman Tuli untuk mengakses komunikasi dengan mudah. Dalam kesehariannya, teman Tuli berkomunikasi dengan menggunakan Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia). Masyarakat luas perlu mengetahui penggunaan Bisindo secara umum untuk menciptakan lingkungan komunikasi yang dapat diakses oleh teman Tuli. Pusbisindo sebagai wadah riset dan advokasi berperan dalam menyuarakan penggunaan Bisindo tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya public relations Pusbisindo dalam mengampanyekan penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia di kalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus melalui pengumpulan data, seperti wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian ini adalah Ketua Pusbisindo, Laura Lesmana Wijaya dan Humas Pusbisindo, Stefanus Sinar Firdaus. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, public relations, organisasi nirlaba, komunikasi nonverbal, dan Bahasa Isyarat Indonesia. Hasil penelitian ini mengenai kegiatan public relations Pusbisindo dalam mengampanyekan penggunaan Bisindo melalui kelas Bisindo dan kerja sama yang dilakukan Pusbisindo dengan lembaga- lembaga serta universitas dalam pengajarannya. Pusbisindo juga aktif dalam kerja sama untuk menjadi pembicara di seminar-seminar. Selain itu, kerja sama dengan media juga terjalin dengan baik, khususnya dengan media yang aktif dalam menyuarakan inklusifitas. Media sosial Facebook, Twitter, Instagram, chat messenger, dan website menjadi saluran komunikasi yang digunakan Pusbisindo untuk menjalin komunikasi langsung dengan khalayak luas, didukung oleh komunitas-komunitas Tuli dari mulut ke mulut dalam kegiatan publikasinya. Pusbisindo juga mengadakan kegiatan atau acara webinar maupun event besar dalam merayakan Hari Bahasa Isyarat Internasional. Kata Kunci: Organisasi nirlaba, public relations, BISINDO, kampanye

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:13
Last Modified: 31 Mar 2022 04:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34675

Actions (login required)

View Item View Item