PENGARUH DAYA TARIK KONTEN MEDIA SOSIAL @AKUTAHU TERHADAP MINAT BACA GENERASI MILENIAL

VERONIKA, RIKA (2022) PENGARUH DAYA TARIK KONTEN MEDIA SOSIAL @AKUTAHU TERHADAP MINAT BACA GENERASI MILENIAL. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, generasi milenial menjadikan media sosial sebagai tempat untuk mendapatkan informasi. Salah satu akun media sosial Instagram yang berisikan informasi ialah @akutahu. Adanya akun tersebut memudahkan generasi milenial membaca serta menambah pengetahuan. @akutahu merupakan platform berita online dengan prinsip jurnalisme positif yang meyakini bahwa dengan mengkonsumsi berita positif akan membentuk publik menjadi lebih cerdas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik konten media sosial @akutahu terhadap minat baca generasi milenial yang menjadi pengikut dari akun tersebut. Penelitian ini menggunakan beberapa penunjang teori yaitu daya tarik konten, media sosial, minat baca, generasi milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah generasi milenial (usia 21-40 tahun) pengikut (followers) akun Instagram @akutahu, dengan menggunakan sampel sebanyak 100 orang teknik non-probability sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa daya tarik konten media sosial @akutahu berpengaruh sebesar 71,2% terhadap minat baca generasi milenial. Pengaruh daya tarik konten pada Instagram @akutahu memiliki hubungan kuat terhadap minat baca generasi milenial. Kata Kunci: akutahu, media sosial, daya tarik konten, minat baca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 05:06
Last Modified: 31 Mar 2022 05:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34693

Actions (login required)

View Item View Item