Analisis Penjatuhan Upaya Rehabilitasi Terhadap Anak Sebagai Pelaku Tindak Pidana Pemerkosaan (Studi Putusan Mahkamah Agung No.1298K/PID.SUS/2017)

Tamba, Shara Kindly Febiola (2022) Analisis Penjatuhan Upaya Rehabilitasi Terhadap Anak Sebagai Pelaku Tindak Pidana Pemerkosaan (Studi Putusan Mahkamah Agung No.1298K/PID.SUS/2017). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Shara Kindly Febiola205180279 SKRIPSI 2022.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Shara Kindly Febiola205180279 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
Lampiran_Shara Kindly Febiola205180279 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak yang melakukan tindakan yang melawan hukum bukanlah kemauan diri anak. Penjatuhan Pidana Penjara kepada anak merupakan Pilihan terkahir bila tidak ada lagi peraturan yang dapat membantu atau menguntungkan untuk anak. Penanganan terhadap Anak sebagai Pelaku memerlukan Upaya dalam bentuk Pembinaan sehingga muncullah ide untuk Rehabilitasi kepada Anak sebagai Pelaku Tindak Pidana Pemerkosaan. Ketentuan mengenai penjatuhan pidana penjara kepada anak seharusnya tidak diberlakukan dan perlunya dukungan dari Hakim selaku aparat penegak hukum yang menentukan Penjatuhan Pidana Kepada Anak sebagai Pelaku didalam sistem peradilan. Seringkali Putusan Pengadilan tindak pidana kepada Anak memberikan Hukuman Penjara.Ketentuan Undang-Undang. Penelitian yang digunakan berdasarkan Undang-Undang dimana dilakukan pendekatan mengenai penerapan pemidanaan pada seorang anak. Kebijakan Hukum pidana dalam penelitian bertujuan untuk menguranginya suatu tindak pidana agar tindak tindak pidana tersebut tidak terulangi, sama halnya dengan tujuan dari pemidanaan yang dimana tujuannya pemidanaan kepada seorang anak tidak menghapuskan hak serta kewajiban yang sudah sepantasnya didapatkan seorang anak sehingga munculnya penerapan rehabilitasi kepada seorang anak. Memunculkan ide rehabilitasi ini mempunyai tujuan membina dan mendidik anak tanpa menyika serta merampas hak dan kewajiban seorang anak. Penjatuhan upaya rehabilitasi merupakan salah satu yang sudah dipertimbangkan penegak hukum dalam menjatuhkan pemidanaan kepada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hery Firmansyah, S.H.,M.Hum., M.P.A
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Anak, Pidana Penjara, Pidana Rehabilitasi, Anak sebagai Pelaku
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:02
Last Modified: 31 Mar 2022 07:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34704

Actions (login required)

View Item View Item