Eksekusi Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Terhadap Sengketa Pertanahan Menurut Hukum Positif Di Indonesia (Studi Kasus: Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Nomor 188 PK/TUN/2018)

Kasan, Eva Fortuna (2022) Eksekusi Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Terhadap Sengketa Pertanahan Menurut Hukum Positif Di Indonesia (Studi Kasus: Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Nomor 188 PK/TUN/2018). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Eva Fortuna Kasan_205180026 SKRIPSI 2022.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Eva Fortuna Kasan_205180026 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Eva Fortuna Kasan_205180026 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengadilan Tata Usaha Negara merupakan salah satu pengadilan yang berada dibawah kekuasaan kehakiman yang memiliki tugas untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi baik di lingkungan internal Pejabat Tata Usaha Negara maupun perselisihan yang terjadi antara Pejabat Tata Usaha Negara dengan Individu atau Badan Hukum Perdata. Perselisihan yang sering terjadi antara Pejabat Tata Usaha Negara dengan Individu atau Badan Hukum Perdata adalah mengenai sengketa pertanahan akibat dari kesalahan yang diperbuat oleh Pejabat Tata Usaha Negara salah satunya mengenai tumpang tindih hak atas tanah. Akibat dari adanya tumpang tindih hak atas tanah maka perselisihan tersebut akan dibawa ke Pengadilan Tata Usaha Negara untuk mendapatkan keputusan hukum yang tetap, muncul permasalahan tentang banyaknya putusan Pengadilan Tata Usaha Negara yang tidak dapat dieksekusi. Data Penelitian menunjukkan bahwa Indonesia memiliki regulasi yang lemah mengenai eksekusi Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara. Upaya untuk memaksa Pejabat Tata Usaha Negara untuk melaksanakan putusan Pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap belum mampu dilaksanakan secara maksimal. Karena itu, Indonesia perlu merumuskan suatu perundang-undangan baru yang mencakup mengenai peraturan eksekusi putusan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rasji, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pengadilan Tata Usaha Negara, Eksekusi, Sengketa pertanahan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:05
Last Modified: 31 Mar 2022 07:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34710

Actions (login required)

View Item View Item