ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN E-COMMERCE PADA BRECHT INDONESIA

NGAN, IBANEZ VIENOZA (2022) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN E-COMMERCE PADA BRECHT INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja. Pemasar kini juga menggunakan media baru seperti Internet sebagai alternatif untuk melakukan pendekata n kepada calon konsumen. Perusahaan tentunya mempunyai komunikasi pemasaran untuk menyampaikan suatu produk yang akan dipromosikan, sehingga pemasaran dapat berjalan dengan lebih efektif dan tercapai tujuannya. Judul dari peneOLWLDQLQL\DLWX3$QDOLVLV.RPXQLNDVL3HPDVDUDQE- commerce 3DGD%UHFKW,QGRQHVLD ́ Dalam penelitian ini, penulis ingin mencari tahu komunikasi pemasaran apa saja yang dilakukan Brecht Indonesia di E- commerce Shopee dan Tokopedia. Brecht Indonesia sendiri memulai memasarkan produknya lewat E-commerce Shopee dan Tokopedia dengan melakukan berbagai cara promosi, hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk penulis teliti. E-commerce adalah salah satu sarana perusahaan untuk dapat menjual produknya dengan harga yang terjangkau dan tentunya dapat mempermudah konsumen untuk berbelanja. Jenis E-commerce yang digunakan oleh Brecht Indonesia yaitu Consumer To Consumer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan narasumber, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, teknik triangulasi dapat diartikan sebagai pengecekan ulang. Penulis menggunakan triangulasi sumber dimana penulis akan menggali kebenaran dari hasil observasi dan wawancara yang akan dilakukan penulis terhadap pihak internal Brecht Indonesia. Penulis juga menggunakan teori buaran komunikasi dimana teori yang dipakai adalah sales promotion. Promosi penjualan dapat diartikan sebagai jenis insentif jangka pendek yang ditunjukan untuk mendorong pembelian produk atau jasa seperti memberikan sample gratis, kupon, hingga bonus produk lainnya. Hasil penelitian mengatakan bahwa Brecht sudah memiliki hubungan yang baik dengan konsumen, dapat dilihat dari kolom komentar pada e-commerce kolom diskusi serta penilaian dari konsumen. Brecht Indonesia melakukan komunikasi pemasaran yang mendapatkan feedback positif dan membuat terjadinya peningkatan penjualan di e-commerce. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, E-commerce, Brand dan Promotion.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:17
Last Modified: 05 Apr 2022 04:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34742

Actions (login required)

View Item View Item