ANALISIS PROSES KREATIF DALAM DIGITAL BRANDING KLEI & CLAY DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

SIMANGUNSONG, RIAMA (2022) ANALISIS PROSES KREATIF DALAM DIGITAL BRANDING KLEI & CLAY DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

TikTok merupakan media sosial berbasis video musik yang memfasilitasi penggunanya untuk membuat video musik pendek sendiri secara kreatif. Salah satu ciri khas TikTok berada di halaman utamanya, yaitu fitur For You Page atau FYP. Berbagai macam konten-konten kreatif yang ditayangkan melalui fitur ini, akan menarik perhatian penontonnya hingga memungkinkan penggunanya menjadi popular dan memiliki banyak pengikut atau followers. Popularitas TikTok terus meningkat hingga menjadikan TikTok memiliki 3 miliar unduhan pada tahun 2021 melalui platform iOS dan Android. Melalui fitur yang menarik dan popularitas TikTok, membuat media sosial ini digunakan sebagai wadah melakukan kegiatan digital branding oleh brand-brand produk dan jasa terutama kategori perawatan wajah, yaitu Klei & Clay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kreatif yang dilalui oleh Klei & Clay dalam membentuk digital branding-nya di media sosial TikTok. Penelitian ini dilakukan karena belum ada penelitian yang membahas tentang proses kreatif dalam pembentukan digital branding Klei & Clay di media sosial TikTok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media baru, digital branding, dan teori kreativitas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dokumentasi dan studi kepustakaan terhadap 2 narasumber. Hasil penelitian menjelaskan mengenai proses kreatif apa saja yang dilewati di media sosial TikTok dan peran penting proses kreatif dalam pembentukan digital branding Klei & Clay. Proses kreatif Klei & Clay tersebut merupakan aktivitas pembentukan konten kreatif yang termasuk dalam kegiatan digital branding Klei & Clay di media sosial TikTok. Kata Kunci: Media Baru, TikTok, Digital Branding, Kreativitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:11
Last Modified: 05 Apr 2022 05:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34748

Actions (login required)

View Item View Item