REPRESENTASI INTERAKSI SOSIAL SISWA SMA DALAM FILM " 7 HARI SEBELUM 17 TAHUN "

PUTRA, RIO SANJAYA (2022) REPRESENTASI INTERAKSI SOSIAL SISWA SMA DALAM FILM " 7 HARI SEBELUM 17 TAHUN ". Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara orang - orang perorangan, antara kelompok - kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia. Dalam prosesnya, terdapat syarat utama terciptanya interaksi yaitu kontak sosial dan komunikasi. Interaksi sosial dapat bersifat positif maupun negatif, salah satu yang bersifat negatif adalah bullying. Bullying karap terjadi di kehidupan remaja, hal ini yang menjadi salah satu fokus dalam penelitian. Pada penelitian ini menggambarkan bagaimana representasi dari interaksi sosial yang terjadi pada siswa SMA yang terdapat pada film 7 Hari Sebelum 17 Tahun karya Rangga Nettra. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode semiotika Charles Sanders Pierce dengan memperhatikan ikon, indeks, dan simbol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi atau pengamatan menyeluruh pada objek penelitian yaitu interaksi sosial siswa SMA dalam film 7 Hari Sebelum 17 Tahun untuk mendapatkan unsur tanda yang menggambarkan interaksi sosial yang terjadi. Dari hasil penelitian yang telah penulis analisa, menunjukan bahwa interaksi sosial terjadi dalam berbagai aspek dan sudut pandang dalam film yang dikaitkan dengan teori ± teori yang digunakan dalam penelitian, yang menggambarkan terjadi interaksi sosial proses asosiatif dan disosiatif. Kata Kunci: Bullying, Film, Interaksi Sosial, Semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:18
Last Modified: 05 Apr 2022 05:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34749

Actions (login required)

View Item View Item