PERUBAHAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM HUBUNGAN REKAN BISNIS SELAMA MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI PT JASSENDO MANDIRI SENTOSA)

STEVEN, STEVEN (2022) PERUBAHAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM HUBUNGAN REKAN BISNIS SELAMA MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI PT JASSENDO MANDIRI SENTOSA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hubungan interpersonal dimana ketika kita berkomunikasi, kita bukan sekedar menyampaikan isi pesan, tetapi juga menentukan kadar hubungan interpersonalnya. Jadi ketika kita berkomunikasi kita tidak hanya menentukan content melainkan juga menentukan relationship. Adanya pandemi Covid-19 membuat perubahan besar dalam pola komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan maupun hubungan komunikasi dengan klien perusahaan. PT Jassendo Mandiri Sentosa merupakan salah satu perusahaan perikanan yang didirikan pada 14 september 2016 oleh Agustono. PT Jassendo Mandiri Sentosa bergerak di bidang pergudangan terkait penjualan dan pembelian fauna laut terutama ikan. Pola komunikasi yang dilakukan dengan klien atau rekan bisnis perusahaan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka atau secara langsung terpaksa berubah menjadi online dikarenakan pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal dalam hubungan rekan bisnis selama masa pandemi yang berlangsung di PT Jassendo Mandiri Sentosa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan studi kasus pada PT Jassendo Mandiri Sentosa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti mengolah dan menganalisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa perubahan komunikasi interpersonal PT Jassendo Mandiri sentosa dan rekan bisnis dilakukan dengan penyesuaian serta berusaha menjalin dan menciptakan hubungan baik dengan rekan bisnis sekali konsumen dalam menjalankan bisnis perusahaan. melakukan komunikasi yang tepat yakni dengan komunikasi interpersonal yang intens dan berkelanjutan, memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang dapat digunakan sebagai media komunikasi interpersonal. Dalam proses komunikasi interpersonal pada perusahaan PT Jassendo Mandiri Sentosa dengan rekan bisnis pada masa pandemi Covid-19 memang memerlukan penyesuaian namun tetap menunjukkan adanya suatu proses dalam komunikas sehingga menjaga hubungan tetap baik dan efektif. Kata Kunci:Komunikasi Interpersonal, Rekan Bisnis, PT Jassendo Mandiri Sentos

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:04
Last Modified: 12 Apr 2022 04:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34791

Actions (login required)

View Item View Item