Julian, Jenni (2022) PERLINDUNGAN BAGI KONSUMEN TERHADAP SNACK KEMASAN ULANG TIDAK SESUAI DENGAN STANDAR LABEL YANG DIJUAL MELALUI E-COMMERCE BERDASARKAN UNDANG- UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Cover-Abstrak_Jenni Julian_205180042 SKRIPSI 2022.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Jenni Julian_205180042 SKRIPSI 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Lampiran_Jenni Julian_205180042 SKRIPSI 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perlindungan Konsumen diatur dalam Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Perlindungan konsumen berasaskan manfaat, keadilan, keseimbangan, keamanan dan keselamatan konsumen, serta kepastian hukum dengan tujuan perlindungan bagi konsumen. Namun pada kenyataannya belum sepenuhnya tercapai dapat dilihat dalam kasus mengenai adanya penjualan snack kemasan ulang tidak sesuai dengan standar label yang diedar secara online. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statue approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Data penelitian dikumpulkan melalui studi pustaka dan penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya hak-hak konsumen yang dirugikan masih belum terpenuhi sepenuhnya berdasarkan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta upaya yang dilakukan BPOM masih belum maksimal dalam mengawasi peredaran produk makanan secara online.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, S.H., M.H., APU. |
Uncontrolled Keywords: | Snack Impor, Label, E-Commerce |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | FH Perpus |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 07:11 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 07:11 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34815 |
Actions (login required)
View Item |