perlindungan hukum bagi konsumen pengguna jasa biro perjalanan wisata di yogyakarta yang mengalami kerugian menurut undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen (Studi Kasus Sakha Holiday).

Dasril, Tri Ananda Caesaryan (2022) perlindungan hukum bagi konsumen pengguna jasa biro perjalanan wisata di yogyakarta yang mengalami kerugian menurut undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen (Studi Kasus Sakha Holiday). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover - Abstrak _Tri Ananda Caesaryan Dasril_205160263 SKRIPSI 2022.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Tri Ananda Caesaryan Dasril_205160263 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
Lampiran_Tri Ananda Caesaryan Dasril_205160263 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perlindungan hukum konsumen pengguna jasa biro perjalanan wisata di Kota Yogyakarta baik secara normatif dan empiris dan menganalisis tanggung jawab pelaku usaha biro perjalanan wisata atas pemenuhan hak-hak konsumen pengguna jasanya Kota Yogyakarta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan hukum konsumen pengguna jasa biro perjalanan wisata Sakha Holiday di Kota Yogyakarta baik secara normatif dan empiris dan bagaimana tanggung jawab pelaku usaha biro perjalanan wisata atas pemenuhan hak-hak konsumen pengguna jasanya di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif. Prosedur yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan terlebih dahulu meneliti data sekunder yang ada kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi perpustakaan dan wawancara. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan perundang- undangan. Data penelitian setelah dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, diperoleh hasil bahwa perlindungan hukum konsumen pengguna jasa biro perjalanan wisata di Kota Yogyakarta secara normatif sudah memadai. Hal ini ditunjukkan dari ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur baik dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Secara empiris, konsumen pengguna jasa biro perjalanan wisata di Kota Yogyakarta belum terlindungi sepenuhnya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa tidak semua biro perjalanan wisata membuat perjanjian yang berisi hak dan kewajiban para pihak selama melakukan wisata. Tanggung jawab pelaku usaha biro perjalanan wisata atas pemenuhan hak-hak konsumen pengguna jasanya di Kota Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, SH., MH., APU.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen, jasa pariwisata, tanggung jawab pelaku usaha
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 08 Apr 2022 08:08
Last Modified: 08 Apr 2022 08:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34816

Actions (login required)

View Item View Item