PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP BARANG YANG TIDAK SESUAI DENGAN YANG DIPERJANJIKAN OLEH PELAKU USAHA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Hamonangan, Markus (2022) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP BARANG YANG TIDAK SESUAI DENGAN YANG DIPERJANJIKAN OLEH PELAKU USAHA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover - Astrak_Markus Hamonangan_205180090 SKRIPSI 2022.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB 1-5 Dafar Pustaka_Markus Hamonangan_205180090 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
Lampiran_Markus Hamonangan_205180090 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Perlindungan konsumen diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pasal 4 menjelaskan bahwa salah satu hak dari konsumen adalah hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa. Perlindungan konsumen upaya untuk menjamin kepastian hukum untuk memberikan perlindungan konsumen sehingga konsumen mendapatkan hak-haknya sebagai konsumen dengan adanya perlindungan konsumen yang melibatkan pelaku usaha bertujuan untuk menjaga kondisi dunia perdagangan agar kondusif tidak penuh dengan pelanggaran-pelanggaran serta bertujuan agar pelaku usaha tetap melakukan kewajibannya agar konsumen mendapatkan haknya seperti yang diatur pada pasal Pasal 7 berisi kewajiban pelaku usaha dalam melaksanakan usaha, sebagai upaya perlindungan bagi konsumen, namun belum tercapai secara optimal dapat dilihat dalam kasus barang yang tidak sesuai dengan pesanan konsumen, karena para oknum pelaku usaha mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan yang diperjanjikan kepada konsumen. Penerapan perlindungan hukum terhadap konsumen pelaksanaannya tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang tercantum dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 sehingga menimbulkan masalah. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu metode penelitian hukum untuk keperluan akademis Penelitian ini mengkaji berbagai dokumen terkait dengan penelitian. Metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang- undangan (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hak-hak konsumen yang dirugikan dan masih belum terpenuhi berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, S.H., M.H., MPU.
Uncontrolled Keywords: barang yang tidak sesuai; pelaku usaha; perlidungan konsumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:22
Last Modified: 12 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34832

Actions (login required)

View Item View Item