Problematika dan Penanggulangan Eksekusi Harta Pailit di Luar Wilayah Yurisdiksi Indonesia dalam Perkara Kepailitan Lintas Negara (Cross-border Insolvency)

Tania, Neysa (2022) Problematika dan Penanggulangan Eksekusi Harta Pailit di Luar Wilayah Yurisdiksi Indonesia dalam Perkara Kepailitan Lintas Negara (Cross-border Insolvency). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Singkatan_Neysa Tania_205180248 SKRIPSI 2022.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 1-5 daftar Pustaka_Neysa Tania_205180248 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Neysa Tania_205180248 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Perkembangan ekonomi dunia telah memasuki era perdagangan bebas, sehingga dalam melakukan transaksi bisnis, batas-batas negara tersebut bukan lagi menjadi halangan. Adanya hubungan transnasional juga membawa risiko di bidang ekonomi yang sepadan bagi para pelaku usaha, yaitu permasalahan keuangan. Dimana pada praktiknya, salah satu risiko bisnis yang dapat terjadi adalah permasalahan mengenai penyelesaian utang piutang dimana debitor menjadi insolven dan pailit. Terpenuhinya unsur internasional dalam suatu perkara kepailitan lintas negara tersebut tentunya akan mengaitkan sistem hukum suatu negara dengan negara lainnya yang bersangkutan. Permasalahan demikian kemudian menjadi semakin kompleks karena berskala internasional. Terlebih lagi menyangkut kewenangan dalam mengeksekusi harta pailit diluar wilayah yurisdiksi Indonesia. Mengingat bahwa setiap negara mempunyai pengaturan hukum kepailitannya sendiri, maka setiap negara wajib menghormati hukum negara lain sesuai dengan prinsip yurisdiksi negara itu sendiri. Karena prinsip sovereignty tersebut, penyelesaian kasus kepailitan lintas negara kerap kali menjadi tidak efisien dan efektif. Terlebih lagi karena Indonesia masih menganut asas teritorial sehingga debitor dapat dipailitkan meskipun masih terdapat harta di luar negeri, yang menyebabkan kurator sulit untuk dapat melakukan pemberesan terhadap aset debitor tersebut. Selain itu, Indonesia juga tidak terikat pada perjanjian internasional mengenai kepailitan lintas negara sehingga tidak efisiennya pengaturan dan penyelesaian perkara kepailitan lintas negara dapat menghambat aliran pembayaran piutang kepada seluruh atau sebagian kreditor tertentu sehingga kelancaran, stabilitas, serta kondusifitas kegiatan bisnis secara lintas negara dapat terganggu. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dan library approach untuk meneliti lebih lanjut mengenai problematika eksekusi harta pailit diluar yurisdiksi wilayah Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Gunardi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Eksekusi Harta Pailit, Kepailitan Lintas Negara, Problematika dan Penanggulangan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:13
Last Modified: 12 Apr 2022 03:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34837

Actions (login required)

View Item View Item