Pertanggungjawaban Hukum Terhadap Anak Di Bawah Umur Dalam Hal Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas Yang Mengakibatkan Korban Jiwa.

Christin, Feni (2022) Pertanggungjawaban Hukum Terhadap Anak Di Bawah Umur Dalam Hal Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas Yang Mengakibatkan Korban Jiwa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Feni Christin_205180072_Skripsi 2022.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB1-5_Feni Christin_205180072_Skripsi 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Feni Christin_205180072_Skripsi 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang memiliki harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya . Keterlibatan seorang anak dalam masalah hukum mampu menjadikan masyarakat tidak peka terhadap keadilan dan meremehkan peran anak sebagai generasi penerus bangsa. Kondisi ini semestinya menjadi perhatian yang mendalam bagi orang tua dalam mendampingi dan mengawasi perilaku anak. Anak adalah seseorang yang belum matang baik mental maupun fisiknya, yang masih perlu dibimbing dan diawasi dalam pergaulannya. Ketidaktahuan anak inilah yang sering menjadikan anak melakukan perilaku-perilaku yang menyimpang dan cenderung berbuat jahat. Perilaku yang menyimpang dari norma biasanya akan menjadikan suatu permasalahan baru di bidang hukum dan merugikan masyarakat. Adapun permasalahan yang diangkat Penulis dalam Penelitian ini adalah bagaimana pertanggungjawaban hukum terhadap anak di bawah umur dalam hal terjadinya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa? Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Hasil analisis menunjukan bahwa kasus dalam putusan ini masih terdapat aparat penegak hukum yang memberikan hukuman penjara terhadap seorang anak, padahal dengan penjatuhan hukuman penajra ini akan mengganggu perkembangan anak baik fisik maupun mental anak di masa depannya. Dan juga pemberian sanksi ganti kerugian dari pihak pelaku (ABH) kepada pihak keluarga korban itu sangat diperlukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hery Firmansyah S.H., M.Hum., MPA.
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban, Anak, Kecelakaan Lalu Lintas
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:06
Last Modified: 12 Apr 2022 04:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34840

Actions (login required)

View Item View Item