Penentuan Wanprestasi Pada Perjanjian Lisan Yang Tidak Ditentukan Pembagian (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Tebo Jambi Nomor 18/Pdt.G.S/2021/PN.Mrt).

Hardini, Indri Julia (2022) Penentuan Wanprestasi Pada Perjanjian Lisan Yang Tidak Ditentukan Pembagian (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Tebo Jambi Nomor 18/Pdt.G.S/2021/PN.Mrt). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_ Indri Julia Hardini_205180096 SKRIPSI 2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_ Indri Julia Hardini_205180096 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_ Indri Julia Hardini_205180096 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perjanjian dapat dilakukan dalam 2 (dua) bentuk, yaitu perjanjian yang dilakukan secara tertulis dan perjanjian yang dilakukan secara tidak tertulis (lisan). Perjanjian lisan seringkali dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bagaimana jika perjanjian lisan digunakan pada perjanjian yang menimbulkan kerugian besar. Bagaimanakah penentuan wanprestasi dalam perjanjian lisan yang tidak ditentukan pembagian keuntungan?. Penulis dalam meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode normative bersifat preskriptif, bersumber data primer, sekunder, dan non-hukum. Hasil penelitian mengambarkan mengenai kekuatan dari perjanjian lisan, serta pembuktian dan penentuan keadaan wanprestasi yang terjadi pada perjanjian lisan yang tidak ditentukan waktu pembagian keuntungan. Pada kasus, Putusan Pengadilan Tebo Jambi Nomor 18/Pdt.G.S/2021/PN.Mrt, Walaupun perjanjian ini tidak ditentukan tanggal pasti untuk pembagian keuntungan dan juga tidak ditentukan waktu berakhirnya perjanjian, untuk penentuan kapan keadaan wanprestasi ini terjadi dapat di ambil dari waktu normal atau yang lazimnya dari perjanjian, yaitu diberikan setiap bulan seperti apa yang diperjanjikan oleh Tergugat. Praktek ini dapat dipakai sebagai dasar oleh hakim dalam pertimbangan hukumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hanafi Tanawijaya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Perjanjian Lisan, Wanprestasi.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:36
Last Modified: 12 Apr 2022 05:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34853

Actions (login required)

View Item View Item