Pendampingan Psikososial Dalam Rangka Memberikan Perlindungan Terhadap Anak Sebagai Korban Tindak Pidana Kekerasan Seksual (Contoh Kasus : Putusan Nomor 1416/Pid.Sus/2018/PN Jkt.Utr)

Marceline, Veren (2022) Pendampingan Psikososial Dalam Rangka Memberikan Perlindungan Terhadap Anak Sebagai Korban Tindak Pidana Kekerasan Seksual (Contoh Kasus : Putusan Nomor 1416/Pid.Sus/2018/PN Jkt.Utr). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Veren Marceline_205180127 SKRIPSI 2022.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Veren Marceline_205180127 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Veren Marceline_205180127 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak merupakan generasi penerus suatu bangsa dan negara di masa mendatang yang harus dijaga bahkan dilindungi hak-haknya. Namun faktanya masih banyak anak yang menjadi korban kekerasan seksual. Anak yang mengalami kekerasan seksual akan memiliki dampak dari segi fisik, psikis, dan emosional. Maka upaya perlindungan terhadap anak sudah di atur di dalam Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak pada Pasal 69A, di mana salah bentuk perlindungan terhadap anak yaitu pendampingan psikososial. Sehingga timbul permasalahan bagaimana pelaksanaan pendampingan psikososial dalam rangka memberikan perlindungan terhadap anak sebagai korban tindak pidana kekerasan seksual. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan penjelasan serta pengetahuan bagaimana pelaksanaan pendampingan psiososial dalam rangka memberikan perlindungan terhadap anak sebagai korban kekerasan seksual serta dapat dijadikan bahan pertimbangan masukan kepada pemerintah dan masyarakat umum dalam melakukan pelaksanaan pendampingan psikososial terhadap anak korban kekerasan seksual. Penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum yuridis-empiris dengan menggunakan pendekatan penelitian yaitu undang-undang serta menggunakan hasil wawancara terhadap 3 narasumber dan berdasarkan studi kepustakaan. Dengan demikian, pelaksanaan pendampingan psikososial terhadap anak sebagai korban tindak pidana kekerasan seksual belum berjalan secara maksimal. Hal ini terjadi karena dalam melakukan pelaksanaan pendampingan psikososial masih kurang dukungan ketersediaan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana. Dalam hal ini pemerintah dan pemerintah daerah harus memperhatikan dalam memberikan perlindungan terhadap anak sebagai korban tindak pidana kekerasan seksual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. R.Rahaditya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Psikososial, Kekerasan Seksual, Anak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:51
Last Modified: 12 Apr 2022 06:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34862

Actions (login required)

View Item View Item