Analisis Terhadap Produksi Baja Tulangan Beton Non Standar Nasional Indonesia Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian (Studi Kasus: Putusan Nomor 352/Pid.Sus/2018/PN.PDG)

Renaldy, Renaldy (2022) Analisis Terhadap Produksi Baja Tulangan Beton Non Standar Nasional Indonesia Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian (Studi Kasus: Putusan Nomor 352/Pid.Sus/2018/PN.PDG). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Renaldy_205180057 SKRIPSI 2022.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Renaldy_205180057 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Renaldy_205180057 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Dalam hukum perindustrian, baja tulangan beton merupakan salah satu produk yang sering ditemukan dalam praktek sehari-hari untuk pondasi konstruksi bangunan. Para produsen, distributor, dan konsumen sering memperdagangkan, mengendarkan dan memproduksi baja tulangan beton yang tidak sesuai standar nasional Indonesia. Selain kegiatan ini sangat berbahaya bagi masyarakat dan pemakai, kegiatan ini juga dapat menghambat pertumbuhan domestik di Indonesia. Dalam amar putusan kasus ini, hakim tidak menjatuhkan hukuman terhadap pabrik yang turut memproduksi baja tulangan beton non SNI sehingga penulis mempertanyakan konstruksi hukum bagi hakim dalam memilih dakwaan sebagai putusan akhir dalam kasus ini serta pertanggungjawabannya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode penelitian normatif dan beberapa teori pidana korporasi dan teori perdata untuk melihat bagaimana pertanggungjawaban hukum bagi para pelaku pelanggar hukum. Namun penerapan teori pidana korporasi masih menimbulkan pro dan kontra karena berbagai persepsi yang berbeda dari para ahli. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk mencari benang merah guna mencapai kejelasan pertanggungjawaban hukum bagi pabrik yang memproduksi baja tulangan beton dalam kasus pelanggaran baja tulangan beton non standar nasional Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Assoc. Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H.,
Uncontrolled Keywords: Hukum Perindustrian, Baja Tulangan Beton, Pidana Korporasi.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:43
Last Modified: 12 Apr 2022 07:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34865

Actions (login required)

View Item View Item