Perlindungan Hukum Terhadap Kebocoran Data Pribadi Milik Konsumen Pengguna Asuransi BRI Life Ditinjau Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi di dalam Sistem Elektronik.

Geovanny, Natasha Marcella (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Kebocoran Data Pribadi Milik Konsumen Pengguna Asuransi BRI Life Ditinjau Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi di dalam Sistem Elektronik. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Natasha Marcella Geovanny_205180053 SKRIPSI 2022.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Natasha Marcella Geovanny_205180053 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran-Natasha Marcella Geovanny_205180053 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

(F) Dewasa ini penggunaan internet terasa sangat signifikan dan menjadi salah satu faktor dalam kebutuhan hidup masyarakat yang mana dapat dilihat dalam penyelenggaraan sistem elektronik. Melalui suatu sistem elektronik, data-data yang telah dikumpulkan termasuk data pribadi milik pengguna akan disimpan untuk kemudian diolah sesuai dengan kepentingan pihak-pihak yang bersangkutan. Belakangan ini marak terjadi kasus-kasus peretasan sistem elektronik yang mana berakibat kepada bocornya data pribadi, salah satunya seperti kasus kebocoran data pribadi milik konsumen pengguna Asuransi BRI Life. Maka dari itu, dirasa perlu adanya suatu bentuk perlindungan hukum terhadap kebocoran data pribadi dan pertanggungjawaban atas permasalahan tersebut. Di Indonesia sendiri, salah satu ketentuan yang mengatur mengenai hal tersebut terdapat di dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian normatif dengan jenis pendekatan undang-undang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa, data pribadi milik konsumen yang berada di dalam sistem elektronik yang dikelola oleh pihak Asuransi BRI Life dalam hal ini harus dilindungi kerahasiaan dan keteraksesannya sebagai suatu bentuk perlindungan hukum bagi konsumen. Sehubungan dengan tindakan pelanggaran tersebut, dalam hal ini baik pihak Asuransi BRI Life maupun peretas dapat dikenai sanksi sebagaimana diatur di dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mariske Myeke Tampi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Data Pribadi, Perlindungan Hukum, Asuransi BRI Life.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2022 08:00
Last Modified: 12 Apr 2022 08:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34867

Actions (login required)

View Item View Item