“PENGARUH NET PROFIT MARGIN, FINANCIAL LEVERAGE, UKURAN, DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015”

Putri, Pelangi Sugondo (2017) “PENGARUH NET PROFIT MARGIN, FINANCIAL LEVERAGE, UKURAN, DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
125130427 Pelangi Sugondo Putri Judul+Abstrak.pdf

Download (115kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh net profit margin, financial leverage, ukuran, dan nilai perusahaan terhadap perataan laba (income smoothing). Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu net profit margin, financial leverage, ukuran, nilai perusahaan, dan variabel dependen yaitu perataan laba. Sampel yang digunakan adalah data sekunder dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar pada tahun 2011-2015 di BEI. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 51 perusahaan. Data penelitian diolah dengan bantuan program SPSS 22 for Windows dan dianalisis dengan metode analisis regresi logistik. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa net profit margin dan financial leverage memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap perataan laba. Sedangkan ukuran perusahaan dan nilai perusahaan tidak berpengaruh terhadap perataan laba. Kata kunci : Perataan Laba; Net Profit Margin; Financial Leverage; Ukuran; Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:55
Last Modified: 13 Apr 2022 04:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34880

Actions (login required)

View Item View Item