Analisis Penerapan Daluwarsa dalam Pengajuan Gugatan Terhadap Hak Untuk Memperoleh Pekerjaan Bagi Penyandang Disabilitas dalam Sistem Perekrutan Pegawai Negeri Sipil (Studi Putusan Nomor 85/G/2020/PTUN.SMG).

Earlene, Felishella (2022) Analisis Penerapan Daluwarsa dalam Pengajuan Gugatan Terhadap Hak Untuk Memperoleh Pekerjaan Bagi Penyandang Disabilitas dalam Sistem Perekrutan Pegawai Negeri Sipil (Studi Putusan Nomor 85/G/2020/PTUN.SMG). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Felishella Earlene_205180186 SKRIPSI 2022.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Felishella Earlene_205180186 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
Lampiran_Felishella Earlene_205180186 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Setiap orang yang merasa kepentingannya dirugikan karena dikeluarkannya Keputusan Tata Usaha Negara berhak untuk mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara yang berwenang. Dalam pengajuan gugatan adanya ketentuan mengenai daluwarsa yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. jika gugatan diajukan melampaui tenggang waktu, maka gugatan tidak dapat diterima, sedangkan pada satu sisi adanya hak atau kepentingan seseorang yang dirugikan. Bagaimana perlindungan hukum atas hilangnya hak penyandang disabilitas untuk memperoleh pekerjaan dalam sistem perekrutan Pegawai Negeri Sipil dikarenakan penerapan daluwarsa dalam pengajuan gugatan? Dalam meneliti permasalahan tersebut, Penulis menggunakan metode penelitian normatif. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa penerapan ketentuan daluwarsa dalam pengajuan gugatan Tata Usaha Negara di satu sisi memberikan kepastian hukum, namun di sisi lain memberi batasan bagi pencari keadilan yang merasa hak atau kepentingannya dirugikan sehingga tidak tercapainya keadilan. Hakim dalam memeriksa dan menjatuhkan putusan harus berlandaskan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan mengimbangi antara kepastian hukum dan keadilan bagi pencari keadilan. Maka dari itu, perlindungan hukum yang dapat diberikan atas hak penyandang disabilitas yang hilang dikarenakan gugatan yang diajukan telah daluwarsa ialah dengan memastikan bahwa penyandang disabilitas tersebut dapat mengikuti seleksi pada tahun berikutnya tanpa adanya perlakuan diskriminatif. Sebaiknya, setiap orang yang mengajukan gugatan Tata Usaha Negara memperhatikan ketentuan daluwarsa agar tidak terjadi permasalahan serupa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tatang Ruchimat, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Penyandang Disabilitas, Daluwarsa, Hak Asasi Manusia.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:53
Last Modified: 14 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34894

Actions (login required)

View Item View Item