Analisis Keabsahan Pemegang Sertipikat Tanah Dengan Adanya Sengketa Sertipikat Ganda (Studi Kasus: Perkara Nomor 321/Pdt.G/2018/Pn Smg).

Febriella, Clara Regina (2022) Analisis Keabsahan Pemegang Sertipikat Tanah Dengan Adanya Sengketa Sertipikat Ganda (Studi Kasus: Perkara Nomor 321/Pdt.G/2018/Pn Smg). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Clara Regina Febriella_205180107 SKRIPSI 2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Clara Regina Febriella_205180107 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran_Clara Regina Febriella_205180107 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanah dinilai sangat penting bagi kehidupan manusia, tidak hanya dalam kehidupan, bahkan saat mati manusia juga membutuhkan tanah. Peran tanah yang penting membuat manusia ingin mendapatkan dan menguasai tanah. Keinginan untuk menguasai tanah ini pada akhirnya menghasilkan sengketa tanah, salah satunya adalah adanya sertifikat tanah ganda dalam sebidang tanah yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional secara resmi. Sebagai hasil dari serifikat ganda dengan menumpuknya hak secara sebagian atau utuh, mengakibatkan sengketa bagi para pihak - pihak yang bersangkutan. Di pihak masyarakat masalah pertanahan khususnya masalah sertifikat tanah ganda belumsepenuhnya disadari, dan baru sadar setelah ada orang lain yang juga mempunyai sertifikat tanah atas tanah yang ia miliki. Karena ketidaktahuan masyarapat terhadap sertifikat tanah ganda, maka ia tidak bisa mengadakan upaya pencegahan. Tujuan dari penulisan ini untuk berusaha memberikan informasi, mengurangi, dan mencegah akan terjadinya sertifikat ganda atas tanah. Pihak pemerintah sebagai penanggung jawab terhadap terjadinya sertifikat ganda harus mempunyai keberanian dan ketegasan dalam menegakkan hukum pertanahan. Disamping itu, pemerintah harus bisa memberikan informasi secara rutin tentang sertifikat agar masyarakat tahu semua kemungkinan yang menyebabkan terjadinya sertifikat ganda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Gunawan Djajaputera S.H., M.H., SS.
Uncontrolled Keywords: Sengketa, Sengketa Tanah, Sertipikat Tanah Ganda
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:34
Last Modified: 14 Apr 2022 05:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34917

Actions (login required)

View Item View Item