Pemberian Upah Selama Proses Pemutusan Hubungan Kerja Sepihak (Studi Kasus: Putusan Pengadilan Hubungan Industrial Nomor 90/Pdt.Sus-phi/2019/Pn Sby.

Florensia, Shierly (2022) Pemberian Upah Selama Proses Pemutusan Hubungan Kerja Sepihak (Studi Kasus: Putusan Pengadilan Hubungan Industrial Nomor 90/Pdt.Sus-phi/2019/Pn Sby. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_ Shierly Florensia_205180135 SKRIPSI 2022.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_ Shierly Florensia_205180135 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_ Shierly Florensia_205180135 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemutusan Hubungan Kerja adalah salah satu permasalahan yang sering muncul terjadi di dalam hubungan kerja antara buruh/pekerja dengan pengusaha. Berakhirnya suatu hubungan kerja bagi tenaga kerja adalah suatu permasalahan yang sangat kompleks yang dikarenakan pekerja/buruh kehilangan mata pencahariannya. Pemutusan Hubungan Kerja memiliki akibat hukum baik bagi pengusaha maupun pekerja/buruh. Hak dan kewajiban dari masing-masing pihak harus dipenuhi sampai adanya penetapan dari lembaga Pengadilan Hubungan Industrial, yang dimana pekerja akan mendapatkan perlindungan hukum yaitu memperoleh uang pesangon atau uang penghargaan masa kerja sebagai pengganti dari Pemutusan Hubungan Kerja. Syamsul Fuad telah bekerja dengan posisi sebagai teknisi dinamo dengan masa kerja 23 tahun 6 bulan dan akan diberhentikan dari pekerjaannya kerena sering sakit oleh PT Jawa Trans Indah Transport tanpa diberikan pesangon yang adil sesuai dengan Undang-Undang sehingga Syamsul Fuad mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Surabaya, tetapi di dalam putusan tersebut hak- hak milik pekerja untuk mendapatkan uang pesangon atau uang penghargaan masa kerja tidak dapat terpenuhi. Penelitian ini bersifat normatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Seperti layaknya sebuah timbangan yang dijadikan lambang keadilan, hakim juga harus menimbang kan supaya terpenuhi nya hak-hak milik pekerja, sehingga pada kasus ini dapat dipenuhi hak-hak milik pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Gunardi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Hubungan Kerja, Pekerja, Pemutusan Hubungan Kerja.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:49
Last Modified: 14 Apr 2022 05:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34918

Actions (login required)

View Item View Item