Penerapan Asas Kelangsungan Usaha dalam Perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Pt. Hanson International (Studi Putusan Nomor: 29/Pdt.Sus-Pkpu/2020/Pn.Niaga Jkt.Pst.)

Lengkong, Keyzia Betarli (2022) Penerapan Asas Kelangsungan Usaha dalam Perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Pt. Hanson International (Studi Putusan Nomor: 29/Pdt.Sus-Pkpu/2020/Pn.Niaga Jkt.Pst.). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Keyzia Betarli Lengkong_205180250 SKRIPSI 2022.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Keyzia Betarli Lengkong_205180250 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
Lampiran_Keyzia Betarli Lengkong_205180250 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada tanggal 5 Maret 2020, PT Hanson International Tbk, resmi berada dalam PKPU setelah diputus oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dengan amar putusan yang pada pokoknya mengabulkan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang yang diajukan oleh Pemohon PKPU dan menyatakn Termohon PKPU PT Hanson International, Tbk berada dalam keadaan PKPU Sementara selama 43 hari. Berdasarkan Hasil pemungutan suara atas rencana perdamaian dalam kerangka PKPU, telah mendapatkan hasil sebagaimana ditentukan dalam Pasal 281 UUK, namun tidak memenuhi 2/3 dari total tagihan yang diakui dari kreditor konkuren maupun kreditor separatis sebagaimana diatur dalam Pasal yang sama. Berdasarkan hasil tersebut maka Tim Pengurus menyampaikan rekomendasinya kepada Hakim Pengawas untuk menolak perjanjian perdamaian senada dengan rekomendasi Tim Pengurus maka Hakim Pengawas menyampaikan rekomendasinya kepada Majelis Hakim Pemutus dan pada tanggal 12 Agustus 2020 PT Hanson International Tbk jatuh Pailit. Putusan ini menjadi kontroversi karena tidak sedikit kreditor yang menilai tindakan kurator dan hakim pengawas tidak netral, karena pada dasarnya kreditor ingin menerima Proposal Perdamaian yang diajukan namun justru Tim Kurator lah yang menolak Proposal Perdamaian, berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk menganalisis Penerapan Asas Kelangsungan Usaha dalam Perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Pt. Hanson International. Mengacu pada permasalahan tersebut, Penulis menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Berdasarkan hasil penelitian Debitor pailit yang prospektif dan masih dimungkinkan untuk melangsungkan usahanya seharusnya diberikan kesempatan untuk melanjutkan usahanya sebagai bentuk penerapan asas kelangsungan usaha, Persoalan going concern terhadap perusahaan debitor pailit ini sangat penting mengingat jika prospek usaha debitor yang cukup prospektif hanya saja sedang mengalami kendala likuiditas sementara, maka sangat penting jika dilakukan going concern terhadap perusahaan debitor yang diharapkan akan menguntungkan harta debitor pailit atau mungkin dapat menyelamatkan debitor dari kepailitan. PT Hanson International Tbk dapat terhindar dari kepailitan jika saja rencana perdamaian diterima pada proses PKPU bukan pada saat proses Kepailitan, sehingga peran aktif pengurus dan kurator sangat penting dalam menentukan hasil dari proses PKPU dan Kepailitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Gunawan Djajaputera, S.H., M.H., SS
Uncontrolled Keywords: Kepailitan, PKPU, Kelangsungan Usaha, Perjanjian Perdamaian
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:56
Last Modified: 14 Apr 2022 06:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34921

Actions (login required)

View Item View Item