Analisis Yuridis Keterkaitan Antara Kepemilikan Akses Big Data dalam Hukum Persaingan Usaha Ditinjau dari Undang-Undang Nomor : 5 Tahun 1999

Andriyanto, Andriyanto (2022) Analisis Yuridis Keterkaitan Antara Kepemilikan Akses Big Data dalam Hukum Persaingan Usaha Ditinjau dari Undang-Undang Nomor : 5 Tahun 1999. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Andriyanto_205170182 SKRIPSI 2022.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Andriyanto_205170182 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Andriyanto_205170182 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat dan pesat membawa dunia masuk kedalam era industri 4.0 yang mana satu komponen penting bagi perkembagan di era industri ini adalah dengan kehadiran Big Data. Big Data dimanfaatkan oleh perusahaan untuk dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai tingkah laku dan analisis dari konsumen yang dapat memberikan keuntungan bagi suatu perusahaan. Namun dengan segala kelebihan yang diberikan dengan kehadiran Big Data bagi suatu perusahaan, tentunya hal ini dapat berpotensi untuk memberikan posisi dominan bagi suatu perusahaan di dalam pasar dan berpotensi untuk menimbulkan praktek monopoli dan juga penguasaan pangsa pasar yang mana menurut regulasi yang berlaku di Indonesia bahwa monopoli dan penguasaan pangsa pasar diatas 50% tersebut dilarang. Penulis merasa tertarik untuk mengkaitkan mengenai bagaimana konsep peraturan Big Data jika dikaitkan dengan hukum persaingan usaha yang berlaku di Indonesia?, Mengacu pada permasalahan tersebut penulis dalam hal ini menggunakan metode yuridis normatif. dan untuk hasil analisa mengenai kepemilikan big data ini jika menggunakan peraturan yang berlaku di dalam Indonesia masih belum dapat dimaksimalkan. Oleh karena itu, diperlukan peraturan dan penelitian dari negara lain untuk membahas mengenai kepemilikan Data dalam hukum persaingan. Salah satunya seperti essential facilities doctrine yang menjelaskan apabila seorang memiliki suatu fasilitas lebih maka pihak yang lain juga harus dapat mengakses data tersebut dengan adil. Penulis mengharapkan KPPU sebagai pengawas jalur persaingan usaha di Indonesia dapat mengkaji mengenai kepemilikan data dan juga kepemilikan akses Big Data bagi suatu perusahaan yang dapat menimbulkan praktek monopoli dengan membuat regulasi terkait kepemilikan data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Assoc. Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Big Data, Hukum Persaingan, Monopoli
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:01
Last Modified: 14 Apr 2022 07:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34922

Actions (login required)

View Item View Item