Upaya Pemerintah Dalam Mencegah Anak Di Bawah Umur Mengendarai Kendaraan Bermotor Di Jalan Umum Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat

Sirait, Gladys Natalie Aurielle (2022) Upaya Pemerintah Dalam Mencegah Anak Di Bawah Umur Mengendarai Kendaraan Bermotor Di Jalan Umum Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Gladys Natalie Aurielle Sirait_205180110 SKRIPSI 2022.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Gladys Natalie Aurielle Sirait_205180110 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
Lampiran_Gladys Natalie Aurielle Sirait_205180110 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Persyaratan bagi pengemudi kendaraan sepeda motor diatur dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yaitu pada Pasal 80 yang berbunyi “setiap orang yang mengemudikan kedaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan”. Namun hal tersebut belum tercapai secara optimal dapat dilihat dalam fenomena praktik para penngendara dibawah umur yang masih banyak ditemukan di Jalan Raya khususnya di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat yang mana menimbulkan angka kecelakaan dibawah umur naik. Banyaknya faktor yang mempengaruhi anak dibawah umur sudah berkendara salah satunya adalah orangtua yang kurang dalam mendidik dan mengedukasi tentang bahayanya berkendara tanpa mengerti aturan yang ada. Yang mana di dalam kasus tersebut pihak kepolisian yang bertugas dalam mengamankan dan menertibkan khususnya Polisi Lalu Lintas dalam menegakkan tugasnya masih dianggap kurang baik oleh masyarakat dikarenakan banyaknya aparat kepolisian yang masih memberikan sanksi yang kurang tegas kepada pelanggar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Gunawan Djajaputera, SH., MH., SS.
Uncontrolled Keywords: Upaya, Batasan Usia, Surat Izin Mengemudi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:52
Last Modified: 18 Apr 2022 05:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34937

Actions (login required)

View Item View Item