Analisis Kebijakan Program Restrukturisasi Polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Ditinjau dari Aspek Perjanjian (Studi Kasus: Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 09/Pdt.G.S/2021/PN.Jkt.Pst)

Yeremia, Yeremia (2022) Analisis Kebijakan Program Restrukturisasi Polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Ditinjau dari Aspek Perjanjian (Studi Kasus: Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 09/Pdt.G.S/2021/PN.Jkt.Pst). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Yeremia_205180104 SKRIPSI 2022.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Yeremia_205180104 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran-Yeremia_205180104 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Sejak tahun 2018, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) telah melakukan penundaan pembayaran klaim pemegang polis karena kesulitan keuangan. Kondisi keuangan yang terus memburuk membawa perusahaan asuransi tertua di Indonesia ini berujung pada gagal bayar. Dalam rangka mengatasi gagal bayar tersebut, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) melakukan Program Restrukturisasi Polis. Program Restrukturisasi Polis ini pada dasarnya mengurangi Nilai Tunai Polis nasabah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan hukum Program Restrukturisasi Polis PT Asuransi (Persero) berdasarkan perjanjian dan bagaimana perlindungan hukum bagi pemegang polis yang merasa dirugikan akibat Program Restrukturisasi Polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Adapun, penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif analitis dengan berdasarkan pada data sekunder yang dikumpulkan dan dianalisis melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Restrukturisasi Polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) merupakan restrukturisasi utang atau liabilitas yang dalam pelaksanaannya tidak mengindahkan asas-asas perjanjian dalam KUH Perdata, asas-asas perjanjian asuransi dalam KUHD, dan Syarat-syarat Umum Polis. Perlindungan hukum bagi nasabah yang merasa dirugikan akibat Program Restrukturisasi Polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen maupun POJK 1/2013. Saran bagi Otoritas Jasa Keuangan agar membuat peraturan yang dengan tegas mengatur bahwa restrukturisasi utang atau liabilitas dalam perusahaan asuransi harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak sesuai dengan asas perjanjian, sedangkan bagi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) agar menghilangkan perlakuan diskriminatif terhadap nasabah yang ikut maupun tidak ikut Program Restrukturisasi Polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Vera Wheni Setijawati Soemarwi, S.H., LL.M.
Uncontrolled Keywords: Program Restrukturisasi Polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Asas-asas Perjanjian, Syarat-syarat Umum Polis
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:07
Last Modified: 18 Apr 2022 06:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34939

Actions (login required)

View Item View Item