Pembuktian Unsur Patut Diduga Pada Delik Penadahan Kendaraan Bermotor Dalam Putusan Pengadilan Negeri Malang Nomor 123/Pid.B/2017/Pn.Mlg

Jati, Wahyu Kuncoro (2022) Pembuktian Unsur Patut Diduga Pada Delik Penadahan Kendaraan Bermotor Dalam Putusan Pengadilan Negeri Malang Nomor 123/Pid.B/2017/Pn.Mlg. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Wahyu Kuncoro Jati_205170161 SKRIPSI 2022.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Wahyu Kuncoro Jati_205170161 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
Lampiran_Wahyu Kuncoro Jati_205170161 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tindak pidana penadahan di Indonesia telah diatur jelas dalam Pasal 480 KUHP, di mana dinyatakannya seseorang sebagai penadah bila ia sudah memenuhi unsur yang terdapat dalam Pasal 480 KUHP, unsur pada pasal ini yaitu dimana ia menyewa, membeli, menerima sebagai hadiah, menerima gadai, menerima tukar, atau sebab ingin memperoleh keuntungan dari melakukan penjualan, menggadaikan, menukarkan, menyembunyikan, menyimpan, atau membawa barang yang diketahuinya, dimana unsur yang ada dalam pasal tersebut menitik beratkan terhadap sipenerima atau pembeli barang tersebut yang harus dapat dianggap seharusnya mengetahui serta patut menduga bahwasanya barang yang akan dibeli atau yang diterima adalah barang yang diperoleh melalui hasil tindak kejahatan. Permasalahan yang dihadapi bagaimana pembuktian unsur patut diduga pada delik penadahan kendaraan bermotor dalam Putusan Pengadilan Negeri Malang Nomor 123/ Pid.B/ 2017/PN.Mlg. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa unsur yang ada dalam pasal tersebut menitik beratkan terhadap sipenerima atau pembeli barang tersebut yang harus dapat dianggap seharusnya mengetahui serta patut menduga bahwasanya barang yang akan dibeli atau yang diterima adalah barang yang diperoleh melalui hasil tindak kejahatan. Maka dari itu Masyarakat diharuskan selalu waspada dan patut mencuriga serta lebih berhati-hati dalam memperoleh atau membeli suatu barang, lakukan lah pengecekan terlebih dahulu terhadap barang tersebut, bahwa barang itu jelas asal usulnya dan tidak diperoleh dari hasil tindak kejahatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. R. Rahaditya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pembuktian, Tindak Pidana Penadahan, Hukum Pidana
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:12
Last Modified: 18 Apr 2022 06:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34940

Actions (login required)

View Item View Item