ANALISIS PENGARUH NET INCOME, OPERATING CASH FLOW, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP DIVIDEND PER SHARE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2015

Darmawan, Michelle Gracia (2017) ANALISIS PENGARUH NET INCOME, OPERATING CASH FLOW, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP DIVIDEND PER SHARE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
125130142 Michelle Gracia Darmawan Judul+Abstrak.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB 1+BAB 3.pdf

Download (914kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh net income (EAT), operating cash flow (OCF), dan debt to equity ratio (DER) terhadap dividend per share (DPS) yang dibagikan oleh perusahaan. Populasi penelitian ini sejumlah 520 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2012-2015. Metode pengumpulan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan kriteria (1) perusahaan manufaktur yang terdaftar berturut-turut di BEI selama periode penelitian yaitu tahun 2012-2015, (2) perusahaan manufaktur yang menerbitkan laporan keuangan tahunan menggunakan mata uang Rupiah, (3) perusahaan manufaktur yang tidak mengalami kerugian, (4) perusahaan manufaktur yang laporan keuangannya berakhir pada periode 31 Desember, (5) perusahaan manufaktur yang membagikan dividen, (6) perusahaan manufaktur yang memiliki arus kas operasi positif. Data diperoleh dari www.idx.co.id. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 172 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F, serta uji koefisien determinasi. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa semua data layak untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel berpengaruh signifikan terhadap DPS. Secara parsial, variabel yang berpengaruh signifikan adalah EAT, sedangkan OCF dan DER tidak berpengaruh signifikan. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R 2 ) menunjukkan bahwa pengaruh variabel EAT, OCF, dan DER secara simultan terhadap DPS sebesar 30,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:16
Last Modified: 19 Apr 2022 06:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34951

Actions (login required)

View Item View Item