Perlindungan Hukum Terhadap Anak dalam Kolonialisme dan Imperialisme ditinjau dari Hukum Humaniter Internasional (Studi kasus : Konflik antara Israel dan Palestina)

Anggriani, Lulu (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Anak dalam Kolonialisme dan Imperialisme ditinjau dari Hukum Humaniter Internasional (Studi kasus : Konflik antara Israel dan Palestina). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Lulu Anggriani_205180260 SKRIPSI 2022.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Lulu Anggriani_205180260 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran_Lulu Anggriani_205180260 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perlindungan hukum anak dikategorikan sebagai hak bagi setiap anak untuk mendapatkan jaminan hidup yang aman, pada hakekatnya setiap anak wajib mendapatkan perlindungan hak-haknya. Hukum humaniter internasional telah mengatur perlindungan hukum anak pada saat terjadinya peperangan, anak merupakan penduduk sipil yang tidak ikut serta dalam permusuhan, hal ini dilandasi dengan adanya Konvensi Jenewa IV 1949 serta Protokol Tambahan I. Selanjutnya, hak-hak anak secara eksplit telah diatur dalam Konvensi Hak Anak. Israel dan Palestina merupakan dua negara berdaulat yang memiliki kewajiban untuk melaksanakan ketentuan dari konvensi-konvensi tersebut, namun kolonialisme dan imperialisme yang dilakukan oleh Israel di atas tanah Palestina masih memakan banyak korban jiwa khususnya anak. Peneliti melakukan penelitian permasalahan tersebut dengan menggunakan metode hukum notmatif. Data penelitian melihatkan banyaknya pelanggaran konvensi berkaitan dengan perlindungan hak anak yang dilakukan oleh Israel semasa penjajahan berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ida Kurnia, SH., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Anak, Hukum Humaniter Internasional
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:22
Last Modified: 19 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34953

Actions (login required)

View Item View Item