Dampak Atas Overkapasitas pada Lapas Tangerang dalam Pemenuhan Hak Narapidana Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas II A Tangerang).

Dari, Devi Ulan (2022) Dampak Atas Overkapasitas pada Lapas Tangerang dalam Pemenuhan Hak Narapidana Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas II A Tangerang). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Devi Ulan Dari_205180253 SKRIPSI 2022.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Devi Ulan Dari_205180253 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Devi Ulan Dari_205180253 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan sebagai representasi pemerintah telah berupaya memberikan pelayanan pembinaan kepada narapidana dengan sebaik-baiknya. Dalam konteks pembinaan ini pula diupayakan agar hak-hak narapidana terpenuhi, penelitian bertujuan menemukan faktor penghambat hak-hak narapidana dan dampaknya di Lembaga Pemasayarakatan Pemuda Kelas II A Tangerang terkait hak-hak narapidana di Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris dengan melakukan wawancara lapangan terhadap pihak lapas Pemuda Kelas II A Tangerang, kemudian melakukan studi terhadap bahan kepustakaan dengan mempelajari, membaca, menelaah serta menganalisa literature untuk mengembangkan pengkajian yang terkait dengan judul skripsi ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak yang ditimbulkan akibat dari overkapasitas di lapas Pemuda Kelas II A Tangerang menyebabkan kurangnya pengawasan terhadap narapidana sehingga menimbulkan terganggunya hak-hak narapidana. Lapas yang jumlah narapidananya melebihi kapasitas yang ada menimbulkan fungsi dan tujuan Lapas terhambat dan akan berpotensi tidak tersampaikanya tujuan pembinaan di dalam Lapas. Berbagai pencegahan sudah turut dilakukan dengan membangun lapas baru dan mengirim narapidana ke lapas yang tidak overkapsitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rugun Romaida Hutabarat, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pemasyarakatan, Overkapasitas, Narapidana
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:25
Last Modified: 19 Apr 2022 02:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34954

Actions (login required)

View Item View Item