Analisis Disgorgement dan Disgorgement Fund sebagai Pemulihan Kerugian Investor Pasar Modal (Studi Komparasi Indonesia dan Amerika Serikat)

Wijaya, Vania Regina Artemisia (2022) Analisis Disgorgement dan Disgorgement Fund sebagai Pemulihan Kerugian Investor Pasar Modal (Studi Komparasi Indonesia dan Amerika Serikat). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_ Vania Regina Artemisia Wijaya_205180050 SKRIPSI 2022.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_ Vania Regina Artemisia Wijaya_205180050 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_ Vania Regina Artemisia Wijaya_205180050 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kerugian yang dialami investor akibat praktik pelanggaran pasar modal belum diakomodasi dengan baik oleh pemerintah. Maka OJK mentransplantasi disgorgement dan disgorgement fund milik Amerika Serikat untuk menjamin adanya perlindungan hukum investor dengan menerbitkan POJK Nomor 65/POJK.04/2020. Hal ini merupakan mekanisme yang sangat baru di Indonesia sehingga perlu untuk dikaji lebih lanjut dengan membandingkannya pada Amerika Serikat dan menganalisis implikasi yang mungkin terjadi apabila disgorgement dan disgorgement fund diterapkan di Indonesia dalam kasus yang konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini adalah konsep dan mekanisme disgorgement dan disgorgement fund yang diimplementasikan di Indonesia dan Amerika Serikat memiliki beberapa perbedaan, yakni konsep, kelembagaan, ruang lingkup, sumber dana, mekanisme penagihan dan pembayaran, serta distribusi dana di mana terdapat beberapa hal yang dapat diadopsi oleh Indonesia agar lebih baik dalam pengimplementasiannya. Selain itu, disgorgement dinilai belum mampu melindungi investor karena berimplikasi adanya tumpang tindih antara kepentingan OJK dan penyidik umum dalam tindak pidana yang berkaitan dengan keuangan negara, kedudukan OJK yang tidak pasti dalam pengajuan permohonan pailit terhadap pelanggar, dan persamaan ruang lingkup pemberlakuan dengan DPP. Oleh karena itu, penulis menyarankan perlunya payung hukum yang lebih tinggi terkait disgorgement, pengaturan turunan untuk memperjelas mengenai disgorgement, dan mengkaji kembali konsep dan mekanisme disgorgement yang akan diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Assoc. Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Disgorgement, Disgorgement Fund, Pasar Modal, Perlindungan Hukum, Investor
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:22
Last Modified: 19 Apr 2022 06:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34971

Actions (login required)

View Item View Item