Analisis Kedudukan Kreditor Konkuren dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang dan Kepailitan (Studi Terhadap Kasus PT. Trimas Kemasindo dan PT. Artha Mas Minahasa).

Lipin, Florencia Irena (2022) Analisis Kedudukan Kreditor Konkuren dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang dan Kepailitan (Studi Terhadap Kasus PT. Trimas Kemasindo dan PT. Artha Mas Minahasa). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Florencia Irena Lipin_217201036 TESISMKN 2022.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Florencia Irena Lipin_217201036 TESISMKN 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran_Florencia Irena Lipin_217201036 TESISMKN 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Situasi ekonomi dewasa ini sedang tidak baik sehingga banyak perusahaan yang tidak bisa membayar berakhir dalam PKPU ataupun Kepailitan karena tidak mampu membayar cicilan ke bank, tagihan pemasok, maupun pinjaman pihak ketiga. PKPU dan Kepailitan harus diajukan di Pengadilan Niaga dimana debitor berdomisili. Tagihan pemasok dan pinjaman pihak ketiga, dikategorikan sebagai kreditor konkuren. Kreditor konkuren adalah kreditor dengan jaminan umum tanpa memegang kebendaan apapun. Tesis ini menganalisis Putusan Homologasi Nomor 63/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN.Niaga,Jkt.Pst. dan akan menganalisis lebih dalam mengenai penyelesaian utang PT Trimas Kemasindo dan PT Artha Mas Minahasa terhadap kreditor konkuren mereka. Identifikasi masalah yang akan dibahas adalah (1) Bagaimanakah Hak-Hak Kreditor Konkuren dalam Peraturan Perundang–undangan yang berlaku di Indonesia. (2) Bagaimana kedudukan kreditor konkuren saat terjadinya PKPU maupun Kepailitan sebagaimana yang diputuskan dalam Putusan Pengadilan Niaga Nomor 63/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN.Niaga,Jkt.Pst. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka tipe penelitian yang digunakan adalah normatif, dengan perspektif yuridis normatif, menggunakan data sekunder, wawancara dengan ahli, dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kreditor konkuren berada dalam urutan pembayaran utang paling akhir. Selain itu ditemukan bahwa kreditor konkuren menjadi tidak terjamin pengembalian hutangnya apabila jika ada asset debitor yang dijual karena dapat mempengaruhi kemampuan debitor menjalankan bisnisnya dalam upaya untuk membayar hutang kepada kreditor konkuren.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Assoc. Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Hukum Korporasi, PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, Kepailitan, Kreditor Konkuren.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:20
Last Modified: 25 Apr 2022 07:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35016

Actions (login required)

View Item View Item