Akibat Hukum Pemalsuan Akta Otentik Yang Dilakukan Oleh Notaris Selaku Pejabat Umum (Studi Kasus Putusan Nomor 1362/Pid.B/2019/ PN Jkt.Utr)

Kasri, Oddy Inayah (2022) Akibat Hukum Pemalsuan Akta Otentik Yang Dilakukan Oleh Notaris Selaku Pejabat Umum (Studi Kasus Putusan Nomor 1362/Pid.B/2019/ PN Jkt.Utr). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Oddy Inayah Kasri_217201032_Tesis MKN 2022.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Oddy Inayah Kasri_217201032_Tesis MKN 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Oddy Inayah Kasri_217201032_Tesis MKN 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta autentik dan memiliki kewenangan lainnya sebagaimana dimaksud dalam undang-undang ini atau berdasarkan undang-undang lainnya. Notaris dalam menjalankan pekerjaannya membuat akta ada yang melakukan dengan cara melanggar hukum contohnya pemalsuan akta. Sehingga hal tesebut berdampak pada akta yang dibuatnya. Dalam kasus Putusan No.1362/Pid.B/2019/PN.Jkt.Utr. Notaris melakukan pemalsuan akta otentik dengan membuat akta menggunakan identitas pihak yang telah meninggal dunia seolah-olah masih hidup, tujuan dari dibuatnya akta tersebut adalah untuk digunakan pemecahan sertifikat dan penerimaan ganti rugi dari pihak jasamarga, hal ini dilakukan tanpa sepengetahuan ahli waris. Rumusan Masalah yaitu: Bagaimana akibat hukum terhadap akta otentik yang telah dipalsukan oleh Notaris dan Bagaimana penerapan sanksi terhadap Notaris yang melakukan pemalsuan akta otentik. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori kehati-hatian, pembuktian akta otentik dan tanggungjawab. Jenis penelitian hukum normatif, spesifikasi penelitian deskriptif analitis, Data yang digunakan data primer dan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan wawancara, serta analisis data dilakukan secara kualitatif. Akibat hukum terhadap akta yang dipalsukan oleh Notaris akta tersebut menjadi tidak otentik atau batal demi hukum. Penerapan sanski terhadap notaris yang melakukan pemalsuan akta diberikan sanski administratif, sanksi perdata dan sanksi pidana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Akibat Hukum, Pemalsuan Akta Otentik, Notaris
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:26
Last Modified: 25 Apr 2022 07:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35018

Actions (login required)

View Item View Item