Analisis Keabsahan dan Efektifitas Hukum Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Perseroan Terbatas yang Dilakukan Secara Daring (Online)

Harry, Harry (2022) Analisis Keabsahan dan Efektifitas Hukum Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Perseroan Terbatas yang Dilakukan Secara Daring (Online). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Harry_205180055_Skripsi 2022.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka-Harry_205180055_Skripsi 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] Text
Lampiran_Harry_205180055_Skripsi 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang terus bergerak maju, sehingga ada sarana-sarana seperti jaringan internet dan media elektronik yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dua arah dan memungkinkan untuk saling melihat satu sama lain seperti teleconference dan video-conference. Pelaksanaan RUPS juga dapat dilakukan melalui media online teleconference, mengingat efisiensi biaya dan waktu. Hal ini dikatakan demikian karena RUPS yang diadakan sewaktu-waktu jika ada agenda tertentu yang harus segera dibahas dan tidak memungkinkan para pesertanya untuk berkumpul di tempat kedudukan perseroan, maka pelaksanaan rapat tersebut dapat berlangsung meskipun para pesertanya berbeda lokasi satu dengan yang lain namun tetap dapat berpartisipasi serta saling melihat dan mendengar secara langsung. Namun yang menjadi permasalahan ketika RUPS melalui media online akan dibuatkan akta notaril karena adanya pertentangan dengan UUJN. Karena itu penulis tertarik untuk mengangkat masalah ini, mengacu pada permasalahan ini penulis menggunakan metode yuridis normatif Hasil analisis menunjukan bahwa penuangan akta notaril dalam pelaksanaan RUPS Online belum diatur secara tegas dalam UUPT. Pelaksanaan RUPS Online harus memperhatikan tata cara pemanggilan dan kuorum sesuai yang diatur dalam UUPT agar dapat dikatakan sah. Efektifitas Hukum pelaksanaan RUPS Online dapat dikatakan efektif karena telah memenuhi kelima faktor secara keseluruhan dan memadai. Penulis menyarankan agar pemerintah merevisi dan menyempurnakan aturan terkait dengan RUPS Online agar menimbulkan kepastian hukum bagi Perseroan Terbatas dan Notaris dan juga masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perseroan Terbatas, RUPS, Efektifitas Hukum
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:40
Last Modified: 25 Apr 2022 07:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35023

Actions (login required)

View Item View Item