ANALISIS FRAUD TRIANGLE UNTUK MENDETEKSI FINANCIAL SHENANIGANS PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015

Kartika, Kartika (2017) ANALISIS FRAUD TRIANGLE UNTUK MENDETEKSI FINANCIAL SHENANIGANS PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
125130255 Kartika Judul+Abstrak.pdf

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stabilitas keuangan, tekanan eksternal, target keuangan, sifat industri, dan ketidakefektifan pengawasan terhadap financial shenanigans. Sampel penelitian adalah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015 yang diklasifikasikan menjadi perusahaan yang melakukan kecurangan dan perusahaan yang tidak melakukan kecurangan. Perusahaan yang melakukan kecurangan ditentukan berdasarkan sanksi yang diperoleh dari Otoritas Jasa Keuangan karena melanggar peraturan VIII.G.7 Bapepam-LK tentang penyajian dan pengungkapan laporan keuangan perusahaan publik. Berdasarkan teknik purposive sampling yang digunakan, terdapat 25 perusahaan yang melanggar peraturan dan 49 perusahaan yang tidak melanggar peraturan. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 23 dengan analisis statistik deskriptif dan regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa stabilitas keuangan dan tekanan eksternal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial shenanigans, sedangkan target keuangan, sifat industri, dan ketidakefektifan pengawasan tidak memiliki pengaruh terhadap financial shenanigans.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:11
Last Modified: 26 Apr 2022 07:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35027

Actions (login required)

View Item View Item