Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dibawah Umur Yang Mengajukan Dispensasi Kawin Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak

Monica, Monica (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dibawah Umur Yang Mengajukan Dispensasi Kawin Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Monica_217201008 TESIS MKN 2022.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Monica_217201008 TESIS MKN 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran_Monica_217201008 TESIS MKN 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Seorang anak pun wajib mendapat pendidikan minimal sampai 12 tahun. Pada kenyataannya orang tua tidak mampu untuk memberikan pendidikan yang selayaknya, sehingga mengakibatkan banyaknya anak-anak yang mengalami putus sekolah karena alasan faktor ekonomi maupun alasan yang lain, yang menyebabkan angka perkawinan anak dibawah umur semakin meningkat karena kurangnya pemahaman maupun edukasi tentang dampak-dampak mengenai perkawinan dibawah umur Permasalahannya yaitu bagaimana pemberian dispensasi kawin terhadap anak dibawah umur berdasarkan putusan pengadilan dan bagaimana perlindungan hukum terhadap anak dibawah umur yang mengajukan dispensasi kawin berdasaarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Metode penelitian yang bersifat normatif. Kerangka teoretis antara lain teori kepastian hukum, teori perlindungan anak dan teori ruang lingkup kajian tentang perkawinan beserta dengan pengaturan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan perkawinan. Pemberian izin kawin terhadap perkawinan anak dibawah umur tidaklah salah dan itu penting dilakukan apabila dilakukan dalam keadaan mendesak, akan tetapi dalam hal pemberiannya itu haruslah diawali dengan perlindungan hukum terhadap hak-hak anak tersebut tetap terjaga, sehingga peran lembaga-lembaga terkait sangatlah penting.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof . Dr. Mella Ismelina F. Rahayu, S.H., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Anak, Dispensasi Kawin, Dibawah Umur
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:32
Last Modified: 26 Apr 2022 05:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35029

Actions (login required)

View Item View Item