Kepastian dan Perlindungan Hukum dalamPelaksanaan jual beli tanah yang belum disertifikatkan” (Kasus Putusan Pengadilan Negeri Nomor : 05 /Pdt.G/2021/ PN.Bjw)

Octavia, Erna (2022) Kepastian dan Perlindungan Hukum dalamPelaksanaan jual beli tanah yang belum disertifikatkan” (Kasus Putusan Pengadilan Negeri Nomor : 05 /Pdt.G/2021/ PN.Bjw). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Erna Octavia_217201001_TESIS MKN 2022.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Erna Octavia_217201001_TESIS MKN 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Erna Octavia_217201001_TESIS MKN 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kepastian dan Perlindungan hukum dalam pelaksanaan jual beli tanah yang belum disertifikatkan menurut Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 1997. Penelitian ini menekankan pada kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada Pihak Pembeli atas transaksi dan atau pelaksanaan Jual beli tanah yang belum disertifikatkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Normatif. Untuk mewujudkan adanya kepastian maka hukum itu harus diciptakan terlebih dahulu sebelum perbuatan-perbuatan yang diatur dalam hukum itu dilakukan, sehingga masyarakat menjadi tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan serta mengetahui konsekuensinya kalau mereka berbuat bertentangan atau melawan hukum. Asas kepastian hukum merupakan suatu asas yang menurut Gustav Radbruch termasuk ke dalam nilai dasar hukum. Asas ini pada pokoknya mengharapkan dan mewajibkan hukum dibuat secara pasti dalam bentuk yang tertulis. Keberadaan asas ini menjadi penting karena akan menjamin kejelasan dari suatu produk hukum positif yang ada. Makna penting dari asas ini pun memiliki suatu kesamaan (similarity) dengan gagasan utama yang ada pada konstruksi penalaran positivisme hukum, yakni kejelasan (certainty). Oleh karena itu, pada tulisan ini hendak dicapai pemahaman mengenai asas kepastian hukum dengan menggunakan konstruksi penalaran positivisme hukum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Gunawan Djajaputra, SH, SS, M.H
Uncontrolled Keywords: Kepastianhukum, Perlindungan hukum dan Pelaksanaan Jualbeli tanah belum bersertifikat
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:08
Last Modified: 26 Apr 2022 06:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35033

Actions (login required)

View Item View Item