Perbandingan Hukum Antara Undang-Undang Larangan Praktek Monopoli dan The Competition Act Terkait Predatory Pricing dalam Online Marketplace (Studi Kasus Shopee.Com)

Cendana, Silvia (2022) Perbandingan Hukum Antara Undang-Undang Larangan Praktek Monopoli dan The Competition Act Terkait Predatory Pricing dalam Online Marketplace (Studi Kasus Shopee.Com). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Silvia cendana_205180002_SKRIPSI 2022.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB 1-5 DAftar Pustaka-Silvia cendana_205180002_SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Silvia cendana_205180002_SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perekonomian digital Indonesia mengalami perkembangan yang pesat di tengah pandemi virus corona dengan perdagangan elektronik melonjak hampir dua kali lipat akibat pembatasan sosial. Online marketplace berperan krusial dalam hal ini karena sebagian besar dari tranksaksi perdagangan elektronik dilakukan di dalamnya. Sejumlah platform online marketplace berlomba-lomba diskon skema ‘bakar uang’ untuk meramaikan platformnya sehingga menimbulkan dugaan praktik predatory pricing. Salah satu strategi promosi diskon yang digunakan oleh banyak platform adalah flash sale yang dipelopori oleh Shopee. Dalam jangka panjang, kegiatan maraknya diskon dikhawatirkan dapat menimbulkan persaingan yang tidak sehat serta membahayakan kesejahteraan konsumen. Penulis menggunakan metode penelitian normatif dengan melakukan perbandingan hukum persaingan usaha antara Indonesia dan Singapura dengan menyertakan studi kasus Shopee sebagai tinjauan analisis. Data penelitian menunjukan bahwa Indonesia memiliki regulasi persaingan usaha di perdagangan elektronik yang tidak memadai menghadapi kompleksitas persaingan usaha online marketplace. Oleh karena itu, Indonesia perlu merumuskan suatu perundang-undangan baru yang lebih komprehensif dan menyesuaikan penegakan hukum dengan permasalahan terkini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. R. M. Gatot P. Soemartono, S.H., S.E., M.M., LL.M
Uncontrolled Keywords: Hukum Persaingan Usaha, Predatory Pricing, Online Marketplace
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:20
Last Modified: 26 Apr 2022 07:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35046

Actions (login required)

View Item View Item