Analisis Penerapan Prinsip Kehati-Hatian Dalam Pemberian Kredit Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi Pada Fitur Pembayaran Paylater Aplikasi Shopee di Indonesia

Anggraini, Tasya Hanifah (2022) Analisis Penerapan Prinsip Kehati-Hatian Dalam Pemberian Kredit Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi Pada Fitur Pembayaran Paylater Aplikasi Shopee di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Tasya Hanifah Anggraini_205180170 SKRIPSI 2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Tasya Hanifah Anggraini_205180170 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Tasya Hanifah Anggraini_205180170 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hadirnya transaksi elektronik dalam sistem pembayaran menjadi peran besar baik bagi pelaku usaha maupun konsumen dalam melakukan kegiatan transaksi. saat ini terdapat fitur pembayaran yang memungkinkan konsumen untuk berbelanja dengan menggunakan pembayaran cicilan atau pemberian pinjaman tanpa kartu kredit dan tanpa pemberian jaminan (Paylater). Sesuai dengan namanya, fitur Paylater memberikan konsumen kesempatan untuk memanfaatkan jasa dan layanan sementara mereka membayar diakhir sesuai dengan batas waktu yang diberikan. Salah satu e-commerce yang menawarkan fitur metode pembayaran dengan beli sekarang, bayar nanti atau Paylater adalah Platform Shopee. Shopee memberikan kemudahan dengan memberikan persyaratan yang mudah untuk mengaktifasikan akun Shopee Paylater ini. Akan tetapi dilain sisi kemudahan yang diberikan ini justru menimbulkan suatu permasalahan, dimana konsumen dapat dengan mudah mendapatkan kredit dengan limit yang besar tanpa banyak persyaratan. Penelitian ini mengkaji bagaimana penerapan prinsip kehati-hatian dalam fitur pembayaran Shopee Paylater dalam mengurangi risiko gagal bayar. Jenis penelitian yang digunakan adalah normatif preskriptif yang dilakukan dengan pendekatan penelitian Undang-Undang. Diperkuat dengan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan non-hukum. Pengaturan mengenai prinsip kehati-hatian bagi layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi atau fintech lending telah terdapat dalam peraturan di Indonesia, namun belum terdapat pengertian mengenai prinsip kehati-hatian yang dapat menjelaskan secara tepat dan menyeluruh seperti apa makna sesungguhnya dari prinsip kehati-hatian. Namun dalam menjalankan prinsip ini terdapat prinsip yang merupakan salah satu upaya dari prinsip kehati-hatian yaitu prinsip mengenal nasabah. Dalam hal ini Shopee Paylater dapat dapat lebih memperhatikan prinsip kehati-hatian guna mengurangi risiko gagal bayar atau lalai dalam melakukan pembayaran tagihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Assoc. Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi, Paylater, Prinsip Kehati-hatian, Penerapan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:32
Last Modified: 26 Apr 2022 07:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35051

Actions (login required)

View Item View Item