Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Dieksploitasi Sebagai Pekerja Artis Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Hasna, Syarifah Aliya (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Dieksploitasi Sebagai Pekerja Artis Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Syarifah Aliya Hasna_205160231 SKRIPSI 2022.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Syarifah Aliya Hasna_205160231 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Syarifah Aliya Hasna_205160231 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)

Abstract

Eksploitasi anak adalah segala tindakan sewenang-wenang kepada anak yang dilakukan oleh pihak lain. Tindakan eksploitasi anak terdiri dari eksploitasi fisik, sosial, seksual, dan ekonomi. Perlindungan khusus bagi anak yang dieksploitasi merupakan tanggung jawab bersama dan usaha bersama pemerintah, orang tua, dan masyarakat. Hingga saat ini tidak ada pihak-pihak yang dikenakan sanksi terhadap eksploitasi anak sebagai pekerja artis sedangkan dapat kita lihat pada televisi masih banyak anak yang melakukan pekerjaan yang melebihi dari batas waktu maksimal anak melakukan pekerjaan yaitu 3 jam. Sehingga dalam penelitian ini timbul permasalahan bagaimana perlindungan hukum terhadap anak yang dieksploitasi sebagai pekerja artis berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Penulis meneliti permasalahan tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan penulisan perundang-undangan. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan penjelasan pelaksanaan perlindungan hukum bagi pekerjaan pengembangan minat dan bakat anak yang berprofesi sebagai artis dan terhadap eksploitasi anak sebagai pekerja artis. Dengan demikian, dibutuhkan sosialisasi mengenai perlindungan anak, hak-hak anak, dan syarat dalam mempekerjakan anak secara luas dan menyeluruh. Serta pengoptimalan peran masyarakat, pemerintah, dan orang tua dalam rangka mewujudkan hak-hak anak yang dicita-citakan, guna meminimalisir terjadinya eksploitasi anak sebagai pekerja artis dibutuhkan pengkajian terhadap kriteria anak yang tereksploitasi sebagai pekerja khususnya pekerja artis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rugun Romaida Hutabarat, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Eksploitasi, Pekerja Anak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:33
Last Modified: 26 Apr 2022 07:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35052

Actions (login required)

View Item View Item