Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Obat Pelangsing “RD Pelangsing” Tanpa Izin Edar (Studi Putusan Nomor: 142/Pid.Sus/2020/Pn.Ktn)

Husna, Sabrina Sana'a (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Obat Pelangsing “RD Pelangsing” Tanpa Izin Edar (Studi Putusan Nomor: 142/Pid.Sus/2020/Pn.Ktn). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Sabrina Sana_a Husna_205170248 SKRIPSI 2022.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 1-5 DAftar Pustaka_Sabrina Sana_a Husna_205170248 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
Lampiran_Sabrina Sana_a Husna_205170248 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Aceh Tenggara terkenal dengan banyak kasus penjualan Obat Pelangsing tanpa izin edar dan dilarang diedarkan oleh BPOM. Salah satunya adalah Obat RD Pelangsing. Obat RD Pelangsing terkenal dengan menurunkan berat badan dengan cepat, 1 botolnya berisi 30 buah kapsul. Orang yang meminati obat pelangsing sangat banyak untuk menurunkan berat badan dengan cepat tanpa harus lelah, susah dan capek. Obat RD Pelangsing terbukti mengandung sibutramin, dimana kandungan sibutramin dalam obat pelangsing dinilai berbahaya dan memiliki efek samping. Dimana seharusnya obat pelangsing hanya berisi bahan-bahan herbal yang tidak berbahaya dan aman untuk dikonsumsi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaku usaha tidak mencantumkan informasi mengenai komposisi dari kandungan obat pelangsing, efek samping obat tersebut dalam label kemasan dan deskripsi obat tersebut. Obat RD Pelangsing juga tidak terdaftar dalam BPOM tetapi tetap diperjualbelikan oleh pelaku usaha menentang aturan Undang-Undang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna obat RD Pelangsing Tanpa Izin Edar di Aceh. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yang bersifat deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan berupa data-data primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku usaha mengetahui Obat RD Pelangsing tidak memiliki surat izin edar namun tetap diedarkan juga tidak mencantumkan kandungan komposisi serta efek samping dalam label kemasan tersebut. Kesimpulannya konsumen dirugikan oleh pelaku usaha yang sengaja memperjual belikan Obat RD Pelangsing Tanpa Izin Edar sehingga berdampak buruk bagi kesehatan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Produk Obat Pelangsing, Tanpa Izin Edar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 10 May 2022 04:19
Last Modified: 10 May 2022 04:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35099

Actions (login required)

View Item View Item