Evaluasi penerapan aspek-aspek manajemen konstruksi bidang fasilitas dan perawatan pada institusi pendidikan

Sumarwata, Petrus Danang (2015) Evaluasi penerapan aspek-aspek manajemen konstruksi bidang fasilitas dan perawatan pada institusi pendidikan. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover Petrus Danang.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak Petrus Danang.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Daftar Isi Petrus Danang.pdf

Download (46kB)

Abstract

Salah satu sarana utama sebuah institusi pendidikan adalah gedung. Bidang Fasilitas dan Perawatan (F dan P) adalah bidang yang mempunyai fungsi merawat dan membangun fasilitas ini. Karena adanya kebijakan CRP (Cost Reduction Program) oleh manajemen, bidang F dan P sebagai bidang pendukung di Sekolah Kristen IPEKA (IPEKA) menjadi salah satu bidang yang dievaluasi keberadaannya. Penelitian berikut bertujuan mengevaluasi penerapan aspek-aspek manajemen konstruksi oleh bidang F dan P sekaligus mengevaluasi keberadaan bidang F dan P melalui sudut pandang manajemen konstruksi. Metodologi yang digunakan adalah menilai penerapan aspek-aspek manajemen konstruksi oleh bidang ini. Penilaian dilakukan oleh staf internal. Penilaian oleh pihak luar yaitu kontraktor dan konsultan dilakukan melalui metode survei bertujuan menilai aspek-aspek manajemen konstruksi dalam tahap tender, tahap pelaksanaan. Guru dan karyawan sebagai pengguna gedung yang merupakan produk dari bidang F dan P juga menilai melalui pengisian kuesioner dengan pengukuran subjective measure. Mereka juga menilai tim F dan P lokasi dalam kaitannya dengan perawatan bangunan. Sampel guru dan karyawan diambil dari 3 gedung sekolah IPEKA yang terbaru. Untuk mendukung hasil dari data kuesioner maka dilakukan wawancara terhadap pimpinan dalam hal ini mantan Direktur Operasional IV yang membawahi bidang-bidang pendukung, Kepala Bidang F dan P, mantan Kepala Bagian Bangunan, dan mantan Kepala Bidang F dan P. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan aspek-aspek manajemen konstruksi telah diterapkan dengan baik oleh bidang F dan P. Aspek pemilihan kontraktor dinilai kurang baik oleh staf internal. Peran koordinasi oleh owner dinilai kurang baik oleh kontraktor. Konsultan menganggap perubahan desain dinilai sering terjadi selama desain detail. Namun secara umum basil penilaian oleh staf internal maupun pihak luar dengan penilaian. rata-rata 8 dari skala 1-10. Gedung yang dibangun juga dinilai baik oleh end-user, hanya beberapa aspek saja perlu diperbaiki. Yang perlu menjadi perhatian adalah tim F dan P lokasi sebagai ujung tombak perawatan gedung di sekolah perlu dievaluasi kinerjanya, karena dari penilaian responden hanya mendapatkan rata-rata 6-7 dari skala 1-10.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis
Tesis > Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:02
Last Modified: 11 May 2021 14:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item